Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT IORA 2017: Jokowi Berharap Lahir Solusi Praktis

Bisnis.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo mengajak negara-negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) untuk proaktif dalam melahirkan solusi-solusi praktis terhadap permasalahan yang terjadi, baik di kawasan maupun secara global.
iora, jokowi
iora, jokowi

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo mengajak negara-negara anggota Indian Ocean Rim Association (IORA) untuk proaktif dalam melahirkan solusi-solusi praktis terhadap permasalahan yang terjadi, baik di kawasan maupun secara global.
 
"Saya mengimbau agar menteri-menteri kita, pejabat tinggi kita, dan para peserta KTT ini terus mendorong solusi-solusi praktis," tuturnya, Selasa (7/3/2017).
 
Dia mengatakan, negara-negara lingkar Samudra Hindia memiliki potensi yang memadai untuk menjadi sebuah kekuatan baru dunia. Dalam catatannya, kelompok negara yang berbatasan dengan samudra ini memiliki kekuatan populasi hingga 2,7 miliar orang.
 
"Kami percaya bahwa saat ini Samudra Hindia di ambang suatu keperkasaan dengan perkembangan masyarakat-masyarakat besar dan ekonomi-ekonomi yang semakin berperan di Afrika Timur, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan di Australia," ujarnya.
 
Meski demikian, Jokowi menuturkan bukan suatu pekerjaan ringan untuk mewujudkan harapan tersebut. Samudra Hindia sebagai sebuah kawasan yang menyimpan kekayaan alam dan sumber daya juga masih menyimpan permasalahan terkait dengan kemiskinan.
 
"Komunitas IORA ini adalah komunitas yang unik. Sebuah kawasan yang kaya, tapi dengan masih adanya kantong-kantong kemiskinan. Harus kita akui, kita masih harus melakukan modernisasi di banyak aspek," tegas presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper