Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mengolah Keju Agar Lebih Nikmat

Greenfields, merek susu segar serta produk olahan lain dari susu meluncurkan Greenfields Camembert Cheese yang terbuat dari 100% susu segar yang berasal dari Greenfields Dairy Farm di dataran tinggi di Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Greenfields/dokumentasi
Greenfields/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA-Greenfields, merek susu segar serta produk olahan lain dari susu meluncurkan Greenfields Camembert Cheese yang terbuat dari 100% susu segar yang berasal dari Greenfields Dairy Farm di dataran tinggi di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Syahbanta Sembiring, Indonesia Country Head Sales & Marketing PT AustAsia Food dan Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing – SEA, PT. Greenfields Indonesia menjelaskan mengenai proses pembuatan Greenfields Camembert Cheese serta perbedaan antara keju natural (natural cheese) dan keju olahan (processed cheese).
 
Dalam kesempatan yang sama juga, chef ternama, Arimbi Nimpuno berbagi tips mengenai bagaimana cara menikmati Keju Camembert, termasuk beberapa resep yang menggunakan Greenfields Camembert Cheese.

“Greenfields Camembert Cheese terbuat dari susu segar yang sangat kaya akan cita rasa dan nutrisi. Greenfields percaya bahwa untuk menghasilkan produk yang berkualitas baik dibutuhkan proses yang baik. Greenfields di Indonesia memiliki peternakan sapi perah yang terintegrasi dengan pabrik, sehingga mampu memiliki kendali penuh atas kualitas produk yang dihasilkan mulai dari susu segar yang dihasilkan oleh sapi di peternakan hingga produk akhir yang dipasarkan ke para konsumen di Indonesia, termasuk rangkaian produk keju segar,” ujar Syahbanta Sembiring, Indonesia Country Head Sales & Marketing PT AustAsia Food.

Greenfields Camembert Cheese terbuat dari 100% keju segar yang diolah menggunakan kultur bakteri yang spesifik untuk pembuatan Keju Camembert serta kultur jamur Penicillium Candidum; dan tidak menggunakan bahan pengawet ataupun bahan pewarna, sehingga menghasilkan cita rasa khas keju segar. Di masa awal setelah proses pembuatan keju Camembert memiliki tekstur rasa yang lembut seperti susu namun seiring dengan berlanjutnya proses pematangan keju segar tersebut, maka rasanya pun akan berubah menjadi lebih buttery dengan bagian tengah keju yang lebih lunak, dengan lapisan luar berwarna putih akibat pertumbuhan Penicillium Candidum.

“Lapisan putih di bagian luar Keju Camembert yang merupakan hasil pertumbuhan Jamur Penicillium Candidum merupakan ciri khas Keju Camembert. Keju Camembert Greenfields termasuk dalam golongan keju segar, di mana pertumbuhan Penicillium Candidum akan berlanjut selama proses penyimpanan. Ini merupakan proses yang wajar terjadi pada jenis kejufresh cheese (keju segar). Konsumen tidak perlu khawatir dengan pertumbuhan lapisan putih tersebut, karena aman untuk dikonsumsi dan merupakan pertanda bahwa keju kami benar-benar segar dan tidak menggunakn bahan pengawet. Selain memberikan cita rasa khas khas keju segar Camembert, jamur Penicillium Candidum juga melindungi keju dari mikroorganisme yang tidak baik,” jelas Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing – SEA, PT. Greenfields Indonesia.

“Lapisan putih di permukaan Keju segar Camambert bisa dibandingkan dengan jamur putih yang tumbuh pada tempe. Selama proses pembuatan, jamur tempe akan tumbuh dan aman untuk dikonsumsi dan pada dasarnya memang diperlukan untuk memberikan cita rasa khas tempe. Ini mirip dengan keju Camembert, dimana semakin lama proses pematangannya, semakin enak juga rasa dari keju Camembert,” lanjut Darmanto Setyawan.

Untuk membantu mengenalkan kelezatan dari Greenfields Camembert Cheese, Chef Arimbi Nimpuno berbagi tips tentang cara menikmati Keju Camembert tanpa perlu diolah terlebih dahulu, selain itu Chef Arimbi juga akan berbagi resep yang menggunakan Keju Camembert Greenfields sebagai salah satu bahannya. “Keju Camembert sebaiknya dinikmati pada suhu ruangan. Jika Anda sudah sempat menyimpan keju Camembert di kulkas, biarkan dulu di suhu ruangan selama paling sedikit 30 menit sebelum dinikmati. Keju Camembert bisa dinikmati begitu saja dengan roti ataupun salad. Namun, jika memiliki waktu lebih dan ingin menikmati cita rasa agak berbeda, boleh juga dipanggang ataupun digoreng, tentunya dengan menambahkan beberapa bahan masak untuk menambah kelezatannya,” ujarChef Arimbi Nimpuno.

“Setelah dibeli, Greenfields Camembert Cheese sebaiknya disimpan dalam kulkas, namun dikeluarkan minimal 30 menit sebelum dimakan. Greenfields Camembert Cheese memiliki masa kadaluarsa hingga 60 hari sejak pengemasan di pabrik. Peluncuran keju segar Greenfields Camembert Cheese semakin menunjukkan komitmen kami untuk menghadirkan dairy product – produk olahan dari susu dengan kualitas terbaik dengan standar layanan yang tertinggi bagi masyarakat Indonesia,” tutup Syahbanta Sembiring.

Greenfields Camembert Cheese melengkapi rangkaian produk keju segar yang sudah dimiliki oleh Greenfields dan sudah tersedia di gerai-gerai terkemuka di Indonesia termasuk Farmers Market, Food Hall, Ranch Market, Kem Chicks dan Hypermatket dengan harga retail yang dianjurkan adalah Rp 67,000,- untuk setiap pak dengan ukuran 125 gram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper