Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Berharap Sistem TI Transportasi Meningkat

Menhub berharap satelit yang akan diluncurkan PT Universal Satelit Indonesia pada 2020 dapat meningkatkan sistem teknologi informasi pada sektor transportasi di dalam negeri, baik di bandara, pelabuhan, stasiun, maupun terminal.
Budi Karya Sumadi./JIBI-Nurul Hidayat
Budi Karya Sumadi./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Perhubungan berharap satelit yang akan diluncurkan PT Universal Satelit Indonesia pada 2020 dapat meningkatkan sistem teknologi informasi pada sektor transportasi di dalam negeri, baik di bandara, pelabuhan, stasiun, maupun terminal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini infrastruktur transportasi modern seperti bandara dan pelabuhan sangat bergantung terhadap teknologi informasi mengingat kondisi geografis Indonesia.

Menurutnya, teknologi informasi tersebut guna memenuhi kebutuhan data logistik, informasi prakiraan cuaca, navigasi, dan komunikasi data lainnya.

“Penyediaan satelit ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan sistem teknologi informasi transportasi nasional baik di bandara, pelabuhan, stasiun KA maupun terminal bus,” kata Budi, Jakarta, dalam siaran pers pada Selasa (28/2).

Perkembangan pada sektor transportasi dalam negeri, dia menambahkan, akan berdampak pada peningkatan ekonomi, pendidikan, dan stabilitas politik.

Oleh karena itu, dia meminta satelit yang akan diluncurkan oleh PT Universal Satelit Indonesia tersebut dapat mendukung kebutuhan teknologi informasi pada sektor transportasi.

Akademisi Unversitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengungkapkan, teknologi informasi merupakan komponen penting dalam sektor transportasi di dalam negeri. Menurutnya, teknologi informasi tersebut mampu memberikan banyak keuntungan.

Teknologi informasi pada transportasi dalam negeri, dia mengungkapkan dapat memberikan kemudahan-kemudahan, kepastian waktu kedatangan dan keberangkatan angkutan serta kepastian biaya untuk beberapa jenis angkutan umum bagi penumpang.

Dia mencontohkan, teknologi informasi dapat membuat pengguna moda transportasi umum baik barang dan jasa mengetahui keberadaan angkutannya.

Di satu sisi teknologi informasi bisa memberikan banyak keuntungan, dia mengungkapkan di sisi lain teknologi informasi juga dapat berisiko terhadap keselamatan moda transportasi angkutan umum.

Dia mencontohkan, sistem tracking membuka peluang bagi pihak-pihak untuk melakukan kejahatan jika terbuka untuk umum.

Saat ini, ungkapnya penggunaan teknologi informasi sudah dilakukan pada beberapa transportasi umum, seperti pemesanan tiket.

Saat ini, dia menuturkan, masyarakat sudah tidak asing dengan penggunaan teknologi informasi pada transportasi. Dia mengatakan, hal tersebut dapat terlihat bagaimana angkutan umum berbasis aplikasi menjamur.

Tidak hanya di kota-kota besar, paparnya, penggunaan teknologi informasi saat ini juga berada di daerah-daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper