Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penas Petani Nelayan 2017 Jangan Sekadar Perayaan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menginstruksikan pada para jajarannya agar penyelenggaraan Penas Petani Nelayan XV yang digelar di Provinsi Aceh pada 6-11 Mei 2017, bukan sekadar perayaan.
Menteri Pertanian Amran Sulaiman/Antara
Menteri Pertanian Amran Sulaiman/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menginstruksikan pada para jajarannya agar penyelenggaraan Penas Petani Nelayan XV yang digelar di Provinsi Aceh pada 6-11 Mei 2017, bukan sekadar perayaan.

Instruksi ini disampaikan dalam rapat koordinasi penyelenggaraan Penas Petani Nelayan XV Tahun 2017, di Jakarta.

Penas Petani Nelayan merupakan metode penyuluhan akbar yang digagas para tokoh tani nelayan sejak 1971. Forum ini merupakan saran bertemunya petani nelayan dan petani hutan untuk bertukar informasi hingga pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama.

Sejumlah organisasi petani, seperti Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Persatuan Petani Nelayan Sejahtera Indonesia (PPNSI), Serikat Petani Indonesia (SPI), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), dapat memanfaatkan forum ini untuk mengembangkan kemitraan agribisnis yang berdaya saing, sekaligus menyampaikan aspirasi kepada pemerintah terkait pengembangan agribisnis di pedesaan.

Penas XV akan dihadiri sekitar 35.000 peserta yang terdiri dari perwakilan petani, nelayan, dan petani hutan seluruh Indonesia. Juga petani Asean dan mitra Asean, asosiasi dan organisasi profesi pertanian, penyuluh, peneliti, aparatur, dan pemangku kepentingan lainnya.

Salah satu rangkaian acara yakni temu petani Asean dan mitra, dapat digunakan untuk mengembangkan kemitraan dan membuka perdagangan produk pertanian diantara petani Asean. Selain itu, adapula kegiatan pameran, expo, promosi, dan pasar lelang hasil pertanian, hingga temu teknologi yang menjadi show window inovasi teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper