Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Infrastruktur Bromo-Tengger-Semeru Disiapkan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan infrastruktur penunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru di Provinsi Jawa Timur.
Wisata Gunung Bromo/Antara
Wisata Gunung Bromo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan infrastruktur penunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru di Provinsi Jawa Timur.

“Dukungan infrastruktur PUPR bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik di KSPN tersebut (Bromo-Tengger-Semeru,-red),” kata Kepala Badan Pengembangan Infratruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (26/01).

Rido Matari menyampaikan dukungan infrastruktur PUPR yakni pada tahun ini dilakukan penataan bangunan kawasan mata air Umbulan di Kabupaten Pasuruan, pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan pem­ba­ngun­an Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kota Malang serta rehabilitasi jaringan irigasi 1.000 Ha di Molek serta lanjutan rehabilitasi jaringan irigasi sekunder 700 Ha di Kedung Kandang, keduanya terletak di Kabupaten Malang.

Di samping itu dilakukan penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) dan pembangunan jaringan pipa transmisi air baku dan intake Sukapura di Kabupaten Probolinggo.

Dalam hal konektivitas, dilakukan pemeliharaan rutin Jalan Gempol-Bangil-Pasuruan-Probolinggo, rehabilitasi Jalan Sidoarjo-Pandaan-Purwosari-Malang-Kepanjen dan rehabilitasi Jalan Probolinggo-Paiton-Situbondo. Tak hanya itu, ada juga rekonstruksi Jalan Gempol-Bangil-Pasuruan-Probolinggo serta pemeliharaan rutin jalan batas Kabupaten Malang-Kota Lumajang.

Dalam rangka konektivitas dengan KPSN Bromo-Tengger-Semeru, Rido menerangkan, akan ada pengembangan Bandara Juanda Abdulrachman Saleh.

“Kemudian angkutan kereta api Bandung-Surabaya, Jakarta-Surabaya, Semarang-Surabaya, Jakarta-Malang, Jogjakarta-Malang serta Jakarta-Kediri,” jelas Rido.

Untuk pelabuhan, ada Tanjung Perak, Gresik, Tanjung Wangi, Tanjung Tembaga, Panarukan dan Brondong.

“Serta ada juga Jalan Tol Surabaya–Porong, Surabaya–Gresik, Waru –Juanda, Kertosono–Mojokerto, Surabaya–Mojokerto serta Gempol–Pandaan,” tegasnya.

Untuk perumahan, lanjut Rido, ada bantuan pembangunan prasarana, sarana dan utiltas (PSU) rumah umum serta peningkatan kualitas rumah swadaya di Kabupaten Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper