Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2016, Indah Kiat Klaim Capai Target Produksi Pulp dan Kertas

PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang berhasil mencapai target produksi pulp dan kertas selama 2016, dan bertekad untuk mempertahankannya di tahun ini.
Pabrik kertas/Ilustrasi
Pabrik kertas/Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang berhasil mencapai target produksi pulp dan kertas selama 2016, dan bertekad untuk mempertahankannya di tahun ini.

Humas IKPP Armadi mengatakan pada tahun lalu pihaknya ditargetkan oleh Sinarmas Grup untuk menghasilkan 2 juta ton pulp atau bubur kertas dan 1 juta ton kertas.

"Kami ditargetkan untuk produksi 2 juta ton pulp dan 1 juta ton kertas, kami berhasil mencapainya dan tahun ini kami diminta untuk mempertahankan pencapaian itu," katanya kepada Bisnis, Rabu (25/1/2017).

Armadi mengatakan pabrik IKPP di Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, adalah pabrik yang terintegrasi, dengan total luas lahan sekitar 1.500 hektare.

Pabrik terintegrasi itu terdiri dari unit wood preparation, chemical plant, power plant, pulp processing, paper processing. Seluruh unit pabrik ini dibagi dalam tiga area yang masing-masing saling mendukung proses produksi bubur kertas dan kertas.

"Bahan baku pabrik kami keseluruhannya berasal dari hutan tanaman industri Sinar Mas Forestry berkonsep manajemen hutan lestari," katanya.

Dia menambahlan untuk produk turunan kertas seperti tisu dan buku tulis atau buku catatan kecil, diproduksi oleh perusahaan grup Sinarmas yaitu PT Pindo Deli dan PT Tjiwi Kimia.

Sementara itu, PIC Unit Pabrik Size 3 IKPP Perawang Aprizal mengatakan di komplek pabrik IKPP memiliki 3 area dengan total mesin produksi kertas sebanyak 13 unit.

"Di IKPP ada 3 area pabrik dengan total 13 unit mesin produksi kertas, area 1 3 unit mesin, area 2 6 unit mesit dan area 3 4unit mesin," katanya.

Dari keseluruhan unit mesin produksi kertas itu, pihaknya mampu menghasilkan kertas sebanyak 118.000 ton setiap bulan, atau lebih dari 1,2 juta ton setiap tahun.

Aprizal mengatakan keseluruhan kertas yang diproduksi itu telah jelas pembelinya, sehingga setelah selesai dikemas, akan langsung dikirim ke pembeli atau diekspor untuk kebutuhan pasar luar negeri.

Adapun pabrik pulp dan kertas IKPP Perawang adalah salah satu pabrik terbesar unit grup usaha Sinarmas yang menghasilkan pulp dan kertas untuk kebutuhan domestik dan pasar internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper