Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agar Lebih Lancar, Pengusaha Truk Inginkan Peta Jalur Logistik

Para pelaku usaha truk di Indonesia mendesak pemerintah segera melakukan pertemuan guna membahas peta jalan logistik agar distribusi barang antarwilayah menjadi lebih lancar dan tidak mengalami kendala apapun.nn
Truk barang/Ilustrasi
Truk barang/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku usaha truk di Indonesia mendesak pemerintah segera melakukan pertemuan guna membahas peta jalan logistik agar distribusi barang antarwilayah menjadi lebih lancar dan tidak mengalami kendala apapun.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bidang Distribusi dan Logistik Kyatmaja Lookman menyatakan keberadaan peta jalan logistik di seluruh Indonesia saat ini sudah sangat diperlukan oleh para pelaku usaha angkutan barang truk.

“Selama ini kita [memasuki masa liburan] libur penutupan jalan kan. [itu terjadi] karena enggak ada petanya [jalur logistik],” kata Kyatmaja, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Peta jalur logistik, katanya, bisa menjadi perwujudan konsep sistem logistik nasional dan daerah serta sistem transportasi nasional dan sistem transportasi daerah.

Pada peta jalur logistik tersebut, jelasnya, dapat diketahui letak tempat-tempat yang akan menjadi seperti hub (pengumpul), gudang, terminal barang, dan sebagainya.

Dia menilai konsep hub & spoke (pengumpan) dapat berfungsi dengan diketahui dan ditentukannya tempat-tempat tersebut. Pergerakan alur barang dari pengguna ke pengguna seperti yang selama ini terjadi, ungkapnya dapat tetap terjadi jika peta jalur logistik

Terkait dengan jalur mana saja yang dapat menjadi bagian jalur logistik, dia mengatakan asosiasi tidak bisa menentukan sendiri. “Nah, itu harus dikomunikasikan. Tol ya seharusnya sudah jalur logistik, yang non-tol yang perlu dibahas,” katanya.

Oleh karena itu, dia menginginkan ada pertemuan antara pemerintah, yakni Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR dengan pelaku usaha angkutan barang untuk membahas jalur-jalur yang akan masuk ke dalam peta jalur logistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper