Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Distribusi Lahan: Denmark Apresiasi Skema Perhutanan Sosial

Pemerintah Kerajaan Denmark mengapresiasi kebijakan distribusi lahan ala pemerintah Indonesia melalui skema perhutanan sosial termasuk hutan adat.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 15 Januari 2017  |  14:36 WIB
Distribusi Lahan: Denmark Apresiasi Skema Perhutanan Sosial
Ilustrasi: Pembibitan tanaman di Hutan Desa di Sungai Beras, Kabupaten Tanjung Jabung, Jambi. - Nancy Junita
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Kerajaan Denmark mengapresiasi kebijakan distribusi lahan ala pemerintah Indonesia melalui skema perhutanan sosial termasuk hutan adat.

Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge menilai kebijakan pemerintah di sektor kehutanan sangat berarti bagi masyarakat bahkan lingkungan secara global. Salah satu aspek penting yang disoroti sebagai tindak lanjut kerja sama dua negara adalah faktor pendidikan masyarakat adat.

“Kebijakan sektor kehutanan ini telah disesuaikan dengan kearifan lokal adat, meskipun muatan-muatan dasar pendidikan sudah ada dari pemerintah,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat menanggapi apresiasi tersebut.

Dalam siaran persnya, Minggu (15/1/2016), Siti mencontohkan kegiatan restorasi ekosistem yang melibatkan masyarakat lokal telah dilakukan di Jambi. Menurutnya, kegiatan itu sebagai langkah nyata menjaga habitat bagi 20% ekosistem yang masih tersisa di dataran rendah hutan tropis Sumatra.

Politikus Partai Nasdem itu mengatakan Denmark juga mengapresiasi agenda restorasi gambut sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tambah Siti, akan merancang program-program kerja sama restorasi dengan Denmark.

“Nantinya bisa dilaksanakan bersama-sama dengan Badan Restorasi Gambut terutama di tujuh provinsi dan empat kabupaten prioritas restorasi sesuai Perpres No.1/2016,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

denmark siti nurbaya klhk
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top