Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengiriman Perangkat Mobile 2017 Diprediksi Stagnan

Lembaga riset teknologi Gartner memprediksi pengiriman perangkat komputer, tablet, ultramobile, hingga ponsel pintar pada 2017 akan bergerak datar. Pengiriman perangkat pada 2017 diprediksi mencapai 2,3 miliar, sama dengan yang terjadi sepanjang 2016.
Ilustrasi/timeshighereducation
Ilustrasi/timeshighereducation

Bisnis.com, JAKARTA--Lembaga riset teknologi Gartner memprediksi pengiriman perangkat komputer, tablet, ultramobile, hingga ponsel pintar pada 2017 akan bergerak datar.  Pengiriman perangkat pada 2017 diprediksi mencapai 2,3 miliar, sama dengan yang terjadi sepanjang 2016.

Ranjit Atwal, Direktur Riset Gartner mengatakan terdapat sekitar 7 miliar ponsel, tablet, dan PC yang digunakan pada 2016.  Gartner memperkirakan tidak ada pertumbuhan pengiriman perangkat tersebut hingga 2018.

"Pasar perangkat global stagnan. Ponsel pintar hanya tumbuh di pasar negara berkembang di Asia Pasifik dan PC baru saja mencapai bagian terbawah penurunan," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (7/1/2017).

Atwal menjelaskan pasar perangkat global mulai jenuh karena minimnya inovasi. Hal itu membuat konsumen tidak memiliki alasan kuat untuk mengganti perangkat. Konsumen ingin mencari pengalaman baru.

Dia menjelaskan masyarakat negara berkembang masih melihat ponsel pintar sebagai perangkat utama sehingga lebih rutin mengganti ponsel dibandingkan dengan pasar negara maju.

 Untuk itu, para vendor harus lebih mengedepankan pendekatan layanan nilai tambah dibandingkan dengan pendekatan hardware. "Pendekatan layanan jauh lebih penting, penyedia hardware harus bermitra dengan penyedia layanan," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper