Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI KORSEL: Pemerintah Pangkas Proyeksi Pertumbuhan 2017 Jadi 2,6%

Pemerintah Korea Selatan memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun depan menjadi 2,6% dari 3%, yang mencerminkan turunnya konsumsi domestik dan ekspor yang lemah.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 29 Desember 2016  |  07:58 WIB
EKONOMI KORSEL: Pemerintah Pangkas Proyeksi Pertumbuhan 2017 Jadi 2,6%
Warga Korsel sedang menyeberang di zebra cross di kawasan bisnis pusat kota Seoul, Korsel (15/12/2015). - Reuters/Kim Hong/Ji

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Korea Selatan memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun depan menjadi 2,6% dari 3%, yang mencerminkan turunnya konsumsi domestik dan ekspor yang lemah.

Seperti dikutip Bloomberg, Kementerian Strategi dan Keuangan Korsel menyatakan pemerintah akan mempertahankan kebijakan fiskal longgar dan menekan BUMN untuk meningkatkan belanja perusahaan dalam upaya untuk menopang pelemahan sentimen konsumen dan bisnis.

Korsel juga memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini menjadi 2,6% dari 2,8%.

Negara ini telah berjuang dengan pengangguran muda yang mencapai rekor tertinggi, utang rumah tangga dan restrukturisasi perusahaan.

Di lain pihak, pelaku bisnis cenderung menahan diri untuk investasi menjelang kemungkinan adanya pemilihan umum tahun depan.

Frustrasi atas perekonomian mendorong serangkaian aksi protes anti-pemerintah besar-besaran selama dua bulan terakhir, dan memaksa pengganti Presiden yang dimaksulkan Park Geun-hye untuk pada solusi atas masalah seperti kenaikan ketimpangan dan pasar tenaga kerja.

Jika Mahkamah Konstitusi Korsel menetapkan impeachment atas Park, Korea Selatan akan melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden baru pada pertengahan 2017.

Proyeksi pertumbuhan resmi baru ini sejalan dengan perkiraan lainnya. Korea Development Institute milik pemerintah memangkas proyeksi untuk 2017 menjadi 2,4% dari 2,7% pada awal bulan ini, sedangkan LG Ekonomi Research Institute mematok pertumbuhan sebesar 2,2% pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi global Ekonomi Korsel
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top