Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulu mata, CPO dan sepatu kulit Indonesia diminati warga Milan

Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan terus menggenjot promosi produk dan hasil karya Indonesia dalam rangka meningkatkan peluang ekspor dan mendorong investasi pelaku usaha Italia di Indonesia.
Promosi Indonesia di Becak Milan
Promosi Indonesia di Becak Milan

Bisnis.com, PEKANBARU-- Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan terus menggenjot promosi produk dan hasil karya Indonesia dalam rangka meningkatkan peluang ekspor dan mendorong investasi pelaku usaha Italia di Indonesia.

Kepala ITPC Agung Pramudya FR di Milan mengatakan sepanjang tahun 2016 ada beberapa pencapaian yang patut dicatat sebagai prestasi dalam meningkatkan citra Indonesia di Italia.

“Beberapa pameran yang telah diikuti oleh ITPC Milan menunjukkan hasil yang positif antara lain, pameran kosmetik Cosmoprof, produk makanan Cibus, produk life style HOMI, produk kopi Triestespresso dan produk kerajinan tangan L’artigiano dengan total potensi dagang sebesar 1,52 juta euro,” katanya dalam laporan akhir tahun seperti yang diterima bisnis.com, (17/2)

Dia menjelaskan berdasarkan pengamatan hasil pameran, produk-produk yang sangat diminati oleh buyer Italia adalah produk bulu mata, crude palm oil, sepatu dan tas kulit serta kerajinan perak.

Selain mengikuti pameran, ITPC Milan juga melaksanakan promosi produk Indonesia melalui berbagai medium transportasi publik yang ramah lingkungan antara lain, menggunakan trem, bus, metropolitana (kereta bawah tanah) dan becak wisata (veloleo).

Secara umum, penduduk kota Milan cenderung memanfaatkan moda transportasi massal sebagai alat mobilisasi publik dengan angka pengguna lebih dari 3,5 juta orang pertahun.

Alasan pemilihan becak wisata veloleo, selain ramah lingkungan juga merupakan upaya mengekspos produk Indonesia secara lebih agresif, sebab moda transportasi ini berlokasi di Duomo yang merupakan pusat bisnis dan wisata kota Milan. Selain itu, penggunaan becak wisata juga memberikan sentuhan personal kepada pengguna jasa.

Dampak dari kegiatan promosi yang dilaksanakan kantor ITPC Milan mengindikasikan adanya peningkatan nilai ekspor selama  periode 2014/2015 untuk produk rambut palsu dan bulu mata sebesar 13,76%,  ikan olahan 113,64%, lada 131,15%, kopi 26,57% dan perhiasan sebesar 19,09% (sumber ISTAT).

Pendekatan ITPC Milan dalam upaya meningkatkan relasi dengan pengusaha dan kaum profesional di kota Milan, dengan melakukan seminar pada tanggal 28 Juli 2016 yang antara lain berhasil memprospek permintaan crude oil dari pengusaha Italia sebanyak 30.000 hingga 90.000 metric ton per tahun.

Program selanjutnya, pada tahun 2017 yang akan datang, ITPC Milan berencana melakukan pameran produk coklat Salon du Chocolat pada bulan Februari di kota Milan, pameran kosmetik Cosmoprof pada bulan Maret di kota Bologna, produk makanan Tutto Food di kota  Milan pada bulan Mei, pameran produk sepatu dan alas kaki Riva Schuh di kota Riva Del Garda pada bulan Juni,  dan hospitality product, Sia Guest pada bulan November di Rimini.

Selain pameran, ITPC Milan akan melanjutkan promosi produk melalui media trem pada jalur yang sama yaitu trem no.27 dan ditambah pada jalur trem no.16 yang melintasi pusat bisnis Milan menuju stadion sepak bola kebanggan Italia, San Siro yang berkapasitas penonton 80.000 orang.

ITPC MILAN berfokus pada komitmen dalam peningkatan promosi dan berupaya membuka peluang bagi pengusaha-pengusaha Indonesia yang memiliki inisiatif untuk melakukan kolaborasi dan memperluas jangkauan bisnis ke Italia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper