Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangkitkan Industri Perikanan, 2 Masalah Ini Harus Diatasi

Tenaga Ahli Utama Staf Kepresidenan M. Riza Damanik mengatakan upaya untuk membangkitkan industri perikanan nasional adalah dengan mengatasi dua permasalahan yaitu terkait permodalan serta akses pasar.
Ilustrasi perikanan/Antara-Fanny Octavianus
Ilustrasi perikanan/Antara-Fanny Octavianus

Bisnis.com, JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Staf Kepresidenan M. Riza Damanik mengatakan upaya untuk membangkitkan industri perikanan nasional adalah dengan mengatasi dua permasalahan yaitu terkait permodalan serta akses pasar.

"Survei terakhir yang kami lakukan terhadap UMKM dapat terlihat bahwa 66% UMKM masalahnya adalah modal, bukan kesulitan untuk mendapatkan kapal," kata Riza Damanik dalam seminar nasional kemaritiman di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Adapun persoalan kedua, menurut Riza, adalah kesulitan untuk mendapatkan akses pasar yang berkeadilan. Untuk itu, ujar dia, diperlukan adanya pendampingan akses pembiayaan dan permodalan, serta memperluas promosi usaha untuk UMKM.

Riza mengingatkan pemerintah saat ini terkait sumber daya alam memiliki dua komitmen, yaitu menjaga dan mengelolanya. Karena itu, lanjutnya, Presiden juga memberikan arahan bahwa hal yang prioritas terkait sumber daya laut didorong untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang berasal dari laut.

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah mengeluarkan instruksi presiden tentang percepatan industri perikanan nasional, yang setiap enam bulan sekali akan dilakukan evaluasi di bawah koordinasi Menko Maritim.

Riza menegaskan Presiden juga mengingatkan bahwa pilar yang akan menggerakkan industri perikanan di dalam negeri haruslah nelayan Indonesia. "Nelayan harus menjadi tuan rumah dan bisa sejahtera di laut sendiri," tegasnya.

Saat ini, dia mengingatkan sekitar 25% atau seperempat dari warga miskin berada di kawasan atau kantong-kantong pesisir. Belum lagi data lainnya, ungkap dia, adalah 80% kapal berada di bawah 10 gross tonnage (GT), 53% pembudidaya memiliki lahan di bawah 0,1 hektare, dan 99% pengolah ikan adalah industri UMKM.

Riza memaparkan salah satu cara meningkatkan industri perikanan adalah meningkatkan konsumsi ikan karena hal itu akan membuka banyak lapangan pekerjaan serta meningkatkan PDB sektor perikanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper