Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Target 500.000 Ton, Kaltim Optimistis Swasembada Beras 2018

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur optimistis mampu swasembada beras dan mencapai target produksi sekitar 500.000 ton gabah kering giling pada 2018, karena pada 2015 sudah menghasilkan 408.782 ton GKG.
Petani sedang panen gabah/Ilustrasi-Antara
Petani sedang panen gabah/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur optimistis mampu swasembada beras dan mencapai target produksi sekitar 500.000 ton gabah kering giling pada 2018, karena pada 2015 sudah menghasilkan 408.782 ton GKG.

"Berbagai program yang terus dilakukan menuju swasembada dengan meningkatkan hasil produksi pertanian, maka kami yakin target swasembada pangan beras akan tercapai," ujar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kaltim, Ibrahim di Samarinda, Jumat (18/11/2016).

Target tersebut akan tercapai mengingat telah terealisasinya penambahan luas lahan pertanian, karena dari bertambahnya luas lahan akan menambah jumlah produksi padi, di samping berbagai program optimalisasi yang juga terus berjalan.

Menurutnya, pencapaian program swasembada pangan yang sudah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2013-2018, saat ini sudah berkisar 74%, yakni dari total target produksi padi sekitar 500.000 ton GKG pada 2018, akhir 2015 sudah mampu memproduksi 408.782 ton dan diharapkan akhir 2016 meningkat.

Memang, lanjutnya, kendala yang ada saat ini karena APBD Kaltim mengalami defisit sehingga tiap SKPD terkena pemotongan. Kondisi ini tentu berdampak pada terhentinya sejumlah kegiatan, sehingga diharapkan dukungan APBN untuk pemenuhan bibit, pupuk, sarana dan prasarana pengembangan pertanian.

"Sebagai contoh, kemarin (Kamis, 17 November) kami membahas studi investigasi desain lahan program cetak sawah 2017. Ini merupakan program yang dananya dari APBN. Semoga dengan bertambahnya luas lahan akan mempercepat proses pencapaian target produksi padi kita," harapnya.

Dia juga menyatakan terus melakukan evaluasi terhadap berbagai capaian dalam RPJMD sektor pertanian yang sudah ditetapkan, sehingga diharapkan capaian produksinya bisa sesuai target demi mencapai swasembada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper