Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APEC 2016: Isu Kerja Sama Bidang Maritim Jadi Sorotan Pemerintah

Pemerintah akan memanfaatkan agenda Pertemuan Pemimpin negara-negara Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik di Lima, Peru, untuk memperkuat kerja sama bidang maritim demi perkembangan ekonomi nasional.
/Jibiphoto
/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan memanfaatkan agenda Pertemuan Pemimpin negara-negara Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik di Lima, Peru, untuk memperkuat kerja sama bidang maritim demi perkembangan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mewakili Presiden Joko Widodo dalam APEC Economy Leader's Meeting di Lima, Peru, pada 19-20  November 2016.

Wapres Kalla akan mengangkat tiga isu utama yang menjadi kepentingan nasional dan perlu ditindaklanjuti dalam APEC Economy Leader's Meeting (AELM). Selain penguatan kerja sama bidang maritim, pemerintah juga akan membahas kelanjutan kerjasama regional untuk pembangunan di pedesaan dan pengetasan kemiskinan, serta penerapan Cetak Biru Konektivitas APEC.

Pada hari pertama AELM, Sabtu(19/11/2016), Wapres dijadwalkan melakukan serangkaian kegiatan, diantaranya APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue, Second Informal Dialogue with the Pacific Alliance, dan Informal Dialogue with Facebook CEO, Mark Zuckerberg, di Grand National Theater.

"Di hari yang sama Wapres juga dijadwalkan menghadiri Jamuan Santap Malam dan Pertunjukan Seni Budaya oleh Presiden Republik Peru Pedro Pablo Kuczynski dalam rangka menyambut Kepala Negara/Pemerintahan, di Park of the Reserve,"demikian tertulis dalam keterangan pers Sekretariat Wapres, Kamis(17/11/2016).

Pada Minggu (20/11/2016) bertempat di Lima Convention Center, Wapres dijadwalkan menghadiri the 24th AELM yang tahun ini mengambil tema “Quality Growth and Human Capital Development: Foundations for Sustainable Growth in The Asia-Pacific”.

Disamping itu, Wapres juga akan menghadiri First APEC Leaders’ retreat: “Challenges to Free Trade and Investment in The Current Global Context”, Second APEC Leaders’ Retreat: “Food Security, Climate Change Adaptation and Access to Water” dan “Integrating The Asia-Pacific: Towards A Real and Functional Connectivity in The Region”, serta  Adoption of The 24th APEC Leaders’ Declaration. Sore harinya, mengakhiri seluruh rangkaian acara AELM, Wapres dijadwalkan menghadiri Upacara Penutupan.

Wapres Kalla bersama delegasi Indonesia bertolak ke Lima, Peru, pada Kamis (17/11/2016) pukul 10.00 WIB, dengan menggunakan Pesawat Boeing Business Jet (BBJ) 2, dari Bandara  Halim Perdana Kusuma. untuk menghadiri Asia-Pacific Economic Cooperation Economic Leaders’s Meeting (AELM). Hadir mendampingi Wapres, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Infrastruktur dan Investasi, Muhammad Abduh, dan Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi.

Rombongan dijadwalkan tiba di Pangkalan Udara Militer ALAR 2, Lima, Peru, pada Jumat (18/11/2016) pukul 05.44 Waktu Setempat (WS) setelah transit di Guam, Honolulu, dan Acapulco dan menempuh penerbangan selama 25 jam 44 menit.

Sebelum menghadiri rangkaian kegiatan AELM, Wapres dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Sosialis Vietnam Truong Tan Sang dan Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill.

Wapres dijadwalkan bertolak dari Lima, Peru, pada Selasa(22/11/2016) untuk kembali ke Jakarta. Setelah melakukan transit di Los Angeles, Honolulu, dan Guam, Wapres dijadwalkan tiba Jumat (25/11/2016) pukul 00.30 WIB di Bandara TNI AU Halim Perdana Kusuma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper