Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Pabrik Semen Baturaja II Ditargetkan Beroperasi 2017

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Pamudji Rahardjo menyatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan pabrik Semen Baturaja II dengan kapasitas 1,85 juta ton semen per tahun di Baturaja yang dijadwalkan beroperasi pada 2017.
Semen Baturaja/Ilustrasi
Semen Baturaja/Ilustrasi

Bisnis.com, BATURAJA - Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Pamudji Rahardjo menyatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan pabrik Semen Baturaja II dengan kapasitas 1,85 juta ton semen per tahun di Baturaja yang dijadwalkan beroperasi pada 2017.

"Pembangunan pabrik Semen Baturaja II itu akan diselesaikan pada akhir semester I/2017," kata Pamudji Rahardjo dalam siaran persnya, Minggu (13/11/2016).

Dia menyebutkan proyek pembangunan pabrik Baturaja II ini memerlukan dana sekitar Rp3,4 triliun dan pendanaannya berasal dari dana IPO (initial public offering) sebesar Rp1,27 triliun, pinjaman perbankan sebesar Rp1,3 triliun dan sisanya menggunakan dana sendiri.

"Sekarang ini kita dihadapkan kondisi industri semen nasional masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Akhir kuartal III hanya mencatatkan pertumbuhan penjualan 3,8%. Data dari Asosiasi Semen Indonesia menunjukkan bahwa total pemasokan semen nasional kuartal III/2016 mencapai 43,1 juta ton. Adapun total konsumsi semen nasional diperkirakan mencapai 45,9 juta ton," ungkapnya.

Menurut dia, kondisi ini memberikan tekanan kepada seluruh produsen semen di Indonesia untuk berusaha memperluas pangsa pasar dengan berbagai cara. Belum lagi diproyeksikan dengan mulai beroperasinya pabrik-pabrik baru dan masuknya produsen semen asing hingga akhir 2016.

Dengan demikian, kapasitas produksi/pasokan semen nasional diperkirakan akan meningkat menjadi 77,62 juta ton per tahun, bahkan pada 2017 diperkirakan akan meningkat menjadi 96,23 juta ton semen per tahun.

"Tidak terkecuali PT Semen Baturaja (PTSB) yang ikut merasakan dampak dari lesunya industri semen nasional. Tekanan ini tidak berhenti hanya di situ saja, dimana 2017 ketika pabrik Baturaja II selesai dibangun dan siap beroperasi secara komersil, maka tanggung jawab diemban akan semakin berat," katanya.

Namun, manajemen berkeyakinan dengan kerja sama yang solid, kinerja perusahaan akan dapat didongkrak dan dapat melalui setiap tantangan secara bersama-sama, ujar Pamudji.

Walaupun demikian, kata Pamudji, keluarga besar PTSB patut bersyukur karena pencapaian kinerja perusahaan milik negara ini tetap mencapat banyak apresiasi baik dari pemerintah, publik maupun dari berbagai pihak antara lain perusahaan dengan predikat "sangat bagus" dalam kategori BUMN industri nonkeuangan dari majalah Infobank.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper