Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Interchange Depok-Antasari Ditarget Rampung Tahun 2019

Antasari Interchange yang merupakan akses ke Jalan Tol DepokAntasari ditargetkan akan dapat digunakan sepenuhnya pada 2019 nanti. Sebagai langkah awal, PT Citra Waspphutowa menargetkan konstruksi proyek jalan tol DepokAntasari atau Desari seksi I AntasariAndara sepanjang 3,61 kilometer dapat tuntas pada Mei tahun depan dan beroperasi tiga bulan.
Proyek pembangunan jalan tol/JIBI-Abdullah Azzam
Proyek pembangunan jalan tol/JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA-Antasari Interchange yang merupakan akses ke Jalan Tol Depok–Antasari ditargetkan akan dapat digunakan sepenuhnya pada 2019 nanti.

Sebagai langkah awal, PT Citra Waspphutowa menargetkan konstruksi proyek jalan tol Depok–Antasari atau Desari seksi I Antasari–Andara sepanjang 3,61 kilometer dapat tuntas pada Mei tahun depan dan beroperasi tiga bulan.

Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Tri Agus mengatakan, saat ini konstruksi seksi I sudah mencapai 49% dengan tingkat pembebasan lahan sebesar 90%. Diharapkan dalam waktu dekat lahan yang tersedia akan meningkat menjadi 94%. "Kalau tanahnya segera bebas, konstruksi harapan saya bisa ngebut,” ujarnya dalam siaran persnya.

Dengan rampungnya Antasari Interchange yang merupakan tahap awal realisasi pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari diharapkan akan membantu mengurangi kepadatan lalulintas jalan arteri yang semakin meningkat. Misalnya, di Jalan Raya Sawangan dan Jalan Margonda yang menjadi jalur utama dari Depok menuju Jakarta atau sebaliknya.

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa proyek pembangunan jalan tol Desari secara keseluruhan rampung pada akhir 2018 setelah urusan lahan selesai dalam waktu dekat. Jalan Tol Depok-Antasari adalah jalan tol yang menghubungkan Jakarta dengan Depok. Jalan tol sepanjang 22 km ini akan melintasi wilayah Cilandak, Pangkalan Jati, Gandul, Krukut, Sawangan dan Bojong Gede. Pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari ini terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama sepanjang 12 kilometer dimulai dari Jalan Antasari hingga Sawangan, sedangkan Tahap kedua sepanjang 9,5 kilometer mulai dari Sawangan hingga ke Bojonggede di Bogor. Pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari ini sendiri terdiri dari 5 seksi pekerjaan. Biaya pembangunan jalan tol ini diperkirakan mencai Rp 1,46 triliun dengan biaya investasi sebesar Rp 2,99 triliun. Pusat Ekonomi Baru di Selatan Jakarta

Sementara itu, kawasan di sekitar Jalan TB Simatupang dan Jalan Antasari akan semakin tinggi nilai ekonominya dengan pembangunan Antasari Interchange. Vice President Coldwell Banker Comercial Dani Indra mengatakan, penyelesaian pekerjaan proyek tol Desari ini akan berdampak positif untuk wilayah sekitarnya karena kemudahan akses menuju kawasan T.B. Simatupang dan Antasari.

"Wilayah ini sudah hidup, tidak seperti Alam Sutera atau Serpong yang terbentuk karena pembangunan-pembangunan proyek baru," ujar Dani. Wilayah di sekitar lokasi Antasari akan menjadi kawasan yang yang strategis. Kawasan Antasari, lanjut Dani, merupakan titik persimpangan yang menjadi alternatif jalan bagi masyarakat dengan adanya tol Desari.

Sejumlah pengembang berpendapat bahwa pembangunan gedung perkantoran di kawasan Simatupang melecut mereka untuk membangun kawasan hunian vertikal. Selain itu, sejumlah pengembangan proyek baru pun akan menarik di sana. Keuntungan lain juga akan dirasakan proyek-proyek ritel yang pasti mendapat tambahan pendatang baru.

Nantinya, pusat daya tarik di kawasan yang sedang berkembang pesat ini akan menjadi alternatif investor, terlebih ketika pemerintah mulai membangun infrastruktur jalan tol baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper