Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Gas Kembangkan Jaringan Pipa di Sumsel

PT Pertamina Gas bakal membangun jaringan transmisi pipa gas di Sumatra Selatan yakni dari Musi Banyuasin ke Kota Palembang sepanjang 176 kilometer untuk mendukung perkembangan industri di provinsi itu.

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pertamina Gas bakal membangun jaringan transmisi pipa gas di Sumatra Selatan yakni dari Musi Banyuasin ke Kota Palembang sepanjang 176 kilometer untuk mendukung perkembangan industri di provinsi itu.

Indra Setyawati, Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Gas, mengatakan potensi kebutuhan gas untuk operasional perusahaan skala besar di Sumsel cukup menjanjikan.

“Targetnya, bulan ini  siap grounbreaking. Kami mengharapkan dukungan dari Pemprov Sumsel sehingga bisa terealisasi dan selesai pada Desember 2017,” katanya usai berkunjung ke kantor gubernur Sumsel di Palembang, Rabu (2/11) petang.

Salah satu perusahaan yang bakal mendapat suplai gas dari perseroan adalah PT Pupuk Sriwijadja (Pusri) Palembang.

Menurutnya, pihaknya memilih jalur dari Grissik di Kabupaten Muba karena di daerah itulah sumber gas berasal, perusahaan sendiri mengandalkan produksi dari PT ConocoPhillips.

Dia mengatakan Pertagas telah menyiapkan investasi US$150 juta untuk pembangunan transmisi pipa gas tersebut.

Saat ini, pihaknya sudah mampu memproduksi dan menyalurkan hingga kapasitas penuh mencapai 160 MMSCF per hari.

Targetnya, penambahan sebanyak 325 MMSCF per hari dapat dicapai hingga pada tiga tahun kedepan. Setelah itu, diperkirakan pengembangan produksi gas bisa menyentuh diatas angka 500 MMSCF.

“Pengembangan ini juga disadari oleh peningkatan kebutuhan industri akan bahan bakar gas. Adanya pengalihan bahan bakar dari minyak menjadi gas, juga menjadi harapan kita guna memenuhi kebutuhan pasar,” paparnya.

Selain menyasar kebutuhan PT Pusri, pengembangan jaringan gas industri oleh perusahaan juga membidik Kawasan Ekonomi Khusus yang berlokasi di Kabupaten Banyuasin. Banyuasin sendiri merupakan daerah yang berada di antara Muba dan Palembang.

“Pengembangan transmisi ini diantaranya diprioritaskan dalam penambahan kebutuhan gas PT Pusri dan pengembangan transmisi hingga ke kawasan KEK,” ujarnya.

Pihaknya bakal membangun jaringan menuju KEK TAA mulai awal 2018 atau setelah proyek tahap awal rampung.

Dalam operasionalnya di KEK, Pertamina Gas akan berkoordinasi dengan perusahaan daerah yang mengelola KEK tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumsel, Robert Heri mengatakan, Pertamina Gas sudah sejak lama berkoordinasi dengan pemprov untuk pembangunan dan pemasangan transmisi gas tersebut.

“Potensi ketersediaan gas di Muba sangat besar, sehingga akan mampu mencukupi kebutuhan gas bagi perusahaan-perusahaan dan KEK TAA,” katanya.

Menurutnya, Sumsel akan memiliki kawasan industri terpadu yang membutuhkan pasokan gas yang cukup besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper