Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI EROPA: Aktivitas Manufaktur dan Jasa Meningkat Sepanjang Oktober 2016

Berdasarkan laporan yang dirilis HIS Markit, indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers Index) sektor manufaktur dan jasa meningkat ke 53,7 pada Oktober dari 52,6 pada September. Level ini adalah laju tercepat sejak awal 2016.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 25 Oktober 2016  |  00:34 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Momentum ekonomi zona euro meningkat dengan laju tercepat tahun ini, menambah bukti bahwa pertumbuhan sekonomi semakin kuat.

Berdasarkan laporan yang dirilis HIS Markit, indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers’ Index) sektor manufaktur dan jasa meningkat ke 53,7 pada Oktober dari 52,6 pada September. Level ini adalah laju tercepat sejak awal 2016.

Pemulihan mata uang zona euro terus berjalan dengan stabil dalam menghadapi hambatan mulai dari Brexit, perlambatan perdagangan global dan ketidakpastian politik yang didorong oleh meningkatnya gerakan populis.

Bank Sentral Eropa mendukung perekonomian dengan stimulus yang akan ditinjau kembali pada bulan Desember, tiga bulan sebelum berakhirnya pelonggaran kuantitatif.

"Ekonomi zona euro menunjukkan tanda-tanda pergerakan pada awal kuartal keempat, berekspansi dengan laju terkuat sepanjang tahun ini," kata Chris Williamson, ekonom bisnis utama di IHS Markit.

"Prospek kuartal keempat yang kuat akan mendorong spekulasi lebih lanjut mengenai rencana pengurangan pembelian obligasi oleh ECB," lanjutnya.

Indeks PMI sektor manufaktur naik menjadi 53,3 dari 52,6 dari bulan September, yang merupakan level tingkat tertinggi dalam 2,5 tahun terakhir, sedangkan PMI sektor jasa naik menjadi 53,5 dari 52,2.

Berdasarkan laporan yang sama, Jerman menjadi negara dengan laju pertumbuhan terkuat, didukung oleh kenaikan dalam kegiatan manufaktur, sedangkan laju pertumbuhan di Perancis melambat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pmi ekonomi eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top