Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI EROPA: Aktivitas Manufaktur dan Jasa Meningkat Sepanjang Oktober 2016

Berdasarkan laporan yang dirilis HIS Markit, indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers Index) sektor manufaktur dan jasa meningkat ke 53,7 pada Oktober dari 52,6 pada September. Level ini adalah laju tercepat sejak awal 2016.

Bisnis.com, JAKARTA - Momentum ekonomi zona euro meningkat dengan laju tercepat tahun ini, menambah bukti bahwa pertumbuhan sekonomi semakin kuat.

Berdasarkan laporan yang dirilis HIS Markit, indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers’ Index) sektor manufaktur dan jasa meningkat ke 53,7 pada Oktober dari 52,6 pada September. Level ini adalah laju tercepat sejak awal 2016.

Pemulihan mata uang zona euro terus berjalan dengan stabil dalam menghadapi hambatan mulai dari Brexit, perlambatan perdagangan global dan ketidakpastian politik yang didorong oleh meningkatnya gerakan populis.

Bank Sentral Eropa mendukung perekonomian dengan stimulus yang akan ditinjau kembali pada bulan Desember, tiga bulan sebelum berakhirnya pelonggaran kuantitatif.

"Ekonomi zona euro menunjukkan tanda-tanda pergerakan pada awal kuartal keempat, berekspansi dengan laju terkuat sepanjang tahun ini," kata Chris Williamson, ekonom bisnis utama di IHS Markit.

"Prospek kuartal keempat yang kuat akan mendorong spekulasi lebih lanjut mengenai rencana pengurangan pembelian obligasi oleh ECB," lanjutnya.

Indeks PMI sektor manufaktur naik menjadi 53,3 dari 52,6 dari bulan September, yang merupakan level tingkat tertinggi dalam 2,5 tahun terakhir, sedangkan PMI sektor jasa naik menjadi 53,5 dari 52,2.

Berdasarkan laporan yang sama, Jerman menjadi negara dengan laju pertumbuhan terkuat, didukung oleh kenaikan dalam kegiatan manufaktur, sedangkan laju pertumbuhan di Perancis melambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper