Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UI Bentuk Pusat Riset Terpadu Panas Bumi

Universitas Indonesia (UI) membentuk Pusat Riset Terpadu Panas Bumi guna mendorong pemanfaatan energi tersebut di Indonesia.
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Bisnis.com, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) membentuk Pusat Riset Terpadu Panas Bumi guna mendorong pemanfaatan energi tersebut di Indonesia.

Ketua Program Magister Eksplorasi Geotermal Universitas Indonesia, Yunus Daud mengatakan, pembentukan pusat riset tersebut melibatkan para pakar lintas fakultas, praktisi dan sektor swasta untuk mendorong pemanfaatan energi panasbumi di Tanah Air.

"Banyak pihak yang kami libatkan seeprti Fakultas MIPA, Teknik, Ekonomi dan Bisnis serta rumpun ilmu sosial lainnya," ujarnya di kampus UI, Depok, Selasa (25/10/2016).

Menurutnya, berbagai aktivitas riset eksplorasi dan produksi telah berlangsung lama dilakukan di lingkungan UI, meskipun masih berjalan sesuai rumpun keilmuan masing-masing fakultas.

Sebagai langkah awal kerja terpadu lintas bidang ini, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat bersama Program Magister Geothermal UI menggelar workshop internasional bertajuk Mengurangi risiko bisnis panasbumi dengan mempercanggih teknologi yang sudah ada di gedung Balairung Universitas Indonesia.

Dia menambahkan, pihak UI serius dalam mendorong target pemerintah mencapai penyediaan daya listrik 35.000 megawatt yang mayoritas akan bersumber dari energi baru terbarukan panas bumi.

Pada kesempatan yang sama, pendiri institut panas bumi Universitas Auckland Selandia Baru, Manfred P Hochstein menyayangkan jika Indonesia tidak segera mengoptimalkan potensi energi panasbumi.

Menurutnya, Indonesia memiliki sumberdaya alam, sumberdaya manusia yang mampu mengoptimalkan energi panasbumi. 

"Indonesia Hanya butuh keseriusan, kebijakan politik dan koordinasi serta kerjasama di antara para stake holder itu sendiri," paparnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper