Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bangun Pabrik di RI, Rolls Royce Gandeng GMF AeroAsia

Produsen mesin pesawat, Rolls Royce berencana membangun pabrik mesin dan suku cadang pesawat di Indonesia dengan menjalin kerjasama operasi bersama PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia.
Ringkang Gumiwang
Ringkang Gumiwang - Bisnis.com 20 Oktober 2016  |  16:35 WIB
GMF AeroAsia - gmf/aeroasia.co.id
GMF AeroAsia - gmf/aeroasia.co.id

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen mesin pesawat, Rolls Royce berencana membangun pabrik mesin dan suku cadang pesawat di Indonesia dengan menjalin kerjasama operasi bersama PT Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia.
 
Direktur Utama PT GMF AeroAsia Juliandra Nurtjahjo mengatakan kerjasama dengan pabrikan asing merupakan rencana perseroan untuk jangka panjang. Apalagi, GMF baru saja mendapatkan sertifikat untuk mengelola pusat logistik berikat (PLB).
 
“Kami kan sudah punya izin PLB. Tentunya, harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Makanya, kami juga punya rencana untuk joint operation atau joint venture dengan pabrikan di luar, salah satunya itu Roll Royce,” katanya di Jakarta, Kamis (20/10).
 
Juliandra menjelaskan rencana Rolls Royce untuk membangun pabrik di Indonesia tersebut masih dalam proses analisa bisnis dan legalitas. Menurutnya, Rolls Royce masih belum menentukan tempat untuk membangun pabrik mesin dan suku cadang pesawat.
 
Meski demikian, dia menegaskan bahwa dimana pun tempat pabrik itu akan ditempatkan, Rolls Royce tetap akan menjalin kerjasama bisnis dengan GMF. Rencananya, penandatangan kerjasama tersebut akan terealisasi pada akhir tahun ini.
 
“Mereka sebenarnya sudah melihat di Cengkareng, tetapi ternyata mereka juga ingin mencari opsi lainnya di tempat lain, apakah itu Batam atau daerah lainnya. Namun yang pasti, akan menggandeng GMF,” tuturnya.
 
Juliandra menambahkan kerjasama antara GMF dan Rolls Royce tersebut akan terkait dengan kapasitas perawatan. Rencananya, perawatan mesin Rolls Royce milik PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) akan dilakukan oleh GMF dan Rolls Royce.
 
Selain Rolls Royce, GMF juga menandatangani nota kesepahaman dengan Airbus. Nantinya, Airbus akan memanfaatkan jasa PLB yang dikelola oleh GMF. Asal tahu saja, luas lahan PLB yang dikelola GMF mencapai 97 hektare.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rolls royce gmf aeroasia
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top