Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pesawat Asia One Tergelincir di Papua

Pesawat jenis cessna milik Asia One Air dengan kode penerbangan PK-LTV, Kamis pagi sekitar pukul 06.26 WIT tergelincir di lapangan terbang Ilaga, ibukota Kabupaten Puncak.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Oktober 2016  |  11:14 WIB
Pesawat Asian One mengalami crash landing di Bandara Aminggaru, Puncak, Papua, Kamis pagi (13/0). - Bisnis
Pesawat Asian One mengalami crash landing di Bandara Aminggaru, Puncak, Papua, Kamis pagi (13/0). - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-Pesawat jenis cessna milik Asia One Air dengan kode penerbangan PK-LTV, Kamis pagi sekitar pukul 06.26 WIT tergelincir di lapangan terbang Ilaga, ibukota Kabupaten Puncak, Papua Barat.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Hotman Hutabarat membenarkan adanya pesawat yang tergelincir di lapangan terbang Ilaga namun tidak ada korban jiwa. Demikian seperti dikutip Antara. Penyebab kecelakaan diduga karena cuaca berkabut dan kondisi runway yang Licin.

Pesawat yang dikemudikan Zahron dan Co pilot Stevanus itu sebelumnya terbang dari Timika dan sesaat setelah mendarat tergelincir sehingga sayapnya mengalami kerusakan.

Pesawat naas itu dilaporkan tidak membawa penumpang hanya bahan makanan, kata AKBP Hutabarat yang dihubungi melalui telepon selular dari Jayapura.

Ketika ditanya apakah pesawat tersebut dibawah perusahaan penerbangan Susi Air, Kapolres Puncak Jaya yang wilayahnya mebawahi Kabupaten Puncak mengatakan tidak mengetahui dengan pasti.

Anggota di Polsek Ilaga masih mengecek, kata Kapolres Puncak Jaya AKBP Hotman Hutabarat.

Adapun kronologi kejadian tergelincirnya pesawat itu yakni pada pukul 06.25 WIT bertempat di Bandara Aminggaru Ilaga. Pesawat yang crash landing milik Asia One jenis Grand Caravan PK-LTV dengan Pilot Capt. Jaron Burhani dan Co Pilot AKP Stefanus.

Berikut kronologinya:
a.  Pkl 06.24 wit Pesawat Asian One PK-LTV melaksaakan Letf Duwdwin. dilanjutkan memasuki posisi Final.
b.  Pkl 06.25 wit Pesawat Asian One PK-LTV melaksanakan Tuch di Runway 25 dalam keadaan aman dan melaju kencang ke arah tengah Runway dilakukan Refblack (Remkiri) dengan hasil Nonaktif(atau tidak bisa) mesawat melaju kencang kearah ujung Runway 07 kemudian jatuh posisi mesawat Miring.
c.  Pkl 06.26 wit Anggota satgas paskhas yg berada di Appron langsung mengamankan Capt. Pilot dan Co Pilot dan membawa ke Ruang PK Bandara.
d.  Pkl 06.27 wit Mobil PK Bandara Ilaga tiba di TKP.

Dari kecelakaan tersebut, kerusakan pada pesawat yakni propilor mengalami kerusakan bengkok, refblack remkiri tidak aktif. Sementara muatan dari pesawat Asian One antara lain barang sembako, dan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Saat ini, di bandara Ilaga di Close sedang dalam proses Evakuasi pesawat Asian One Jenis Grand Caravan PK-LTV.
6. Saat ini pesawat Asian One dijaga oleh Satgas Paskhas dijarenakan kondisi pesawat sayap kiri mengeluarkan Avture.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat jatuh cessna

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top