Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Sawit Ini Dituding Gelapkan Dana Anggota Koperasi Plasma

Menurut kantor berita Antara, Minggu (9/10/2016), perusahaan sawit PT Hutan Sawit Lestari (hsl) yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dituding telah menggelapkan dana milik ratusan anggota Koperasi Petak Sembuyan pengelola plasma kebun sawit.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SAMPIT - Sebuah perusahaan sawit di Kalimantan Tengah dituding warga menggelapan dana miilik ratusan warga pengelola plasma kebun sawit. Namun, saat diminta konfirmasi oleh wartawan, pihak perusahaan enggan memberikan penjelasan.

Menurut kantor berita Antara, Minggu (9/10/2016), perusahaan sawit PT Hutan Sawit Lestari (hsl) yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diduga telah menggelapkan dana milik ratusan anggota Koperasi Petak Sembuyan pengelola plasma kebun sawit.

Salah seorang warga Desa Tanjung Jorong, Kecamatan Tualan Hulu, Kotawaringin Timur yang juga anggota Koperasi Petak Sembuyan, Aldi mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir pembagian sisa hasil usaha (SHU) yang diterima anggota terus mengalami penurunan.

"Terakhir SHU koperasi yang kita terima sebesar Rp105.000 setiap anggota, jumlah tersebut untuk Januari-Juni 2016," tambahnya.

Koperasi Petak Sembuyan dibentuk pada tahun 2008 dan tujuannya untuk mengelola kebun plasma kurang lebih seluas 3.300 hektare antara masyarakat dengan pihak PT HSL.

Aldi mengungkapkan, Koperasi Petak Sembuyan dengan jumlah anggota sekitar 469 orang tersebut dibentuk langsung oleh pihak PT HSL berikut pengurusnya.

"Dibentuknya koperasi berikut pengurusnya oleh pihak PT HSL diduga untuk mempermudah pihak perusahaan mengatur semua kegiatan koperasi tersebut, termasuk dalam urusan keuangan. Selama ini kita sebagai anggota juga tidak pernah menerima laporan pendapatan koperasi," katanya.

Anggota koperasi sangat keberatan dengan hasil yang diterimanya, untuk itu mereka mendesak pihak pengurus koperasi meninjau kembali hasil SHU yang dibagikan ke anggota.

"Luas lahan plasma dengan hasil yang kita terima sangat tidak seimbang, kami menduga hal ini terjadi karena permainan pihak perusahaan dengan pengurus koperasi," ucapnya.

Aldi mengancam jika pihak perusahan dengan pengurus koperasi tidak segera memberikan penjelasan akan kecilnya pembagian SHU, mereka bersama ratusan anggota lainnya akan menempuh caranya sendiri, yakni dengan memanen buah kelapa sawit di areal lahan plasma.

"Selama tidak ada penjelasan maka kami akan terus memanen sendiri, dan hasil dari penjualan buah sawit itu akan kita bagi sama dengan anggota yang saat ini ada," ungkapnya.

Masyarakat menduga koperasi Petak Sembuyan bentukan PT HSL tempat mereka berhimpun saat ini tidak memiliki perizinan yang sah atau ilegal.

Koperasi tersebut dibentuk diduga untuk mengelabui pemerintah bahwa mereka sudah patuh, taat serta melaksanakan aturan karena telah membangun kebun kemitraan dengan masyarakat atau plasma.

Sementara itu terkait dugaan penggelapan dana koperasi ini, pihak PT HSL menolak memberikan penjelasan saat akan dikonfirmasi sejumlah wartawan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper