Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Minta Roadmap Swasembada Sapi Melibatkan Peternak Rakyat

Kalangan legislatif meminta pemerintah untuk memperjelas dan menyusun peta jalan target swasembada sapi yang diharapkan tercapai pada 2026 lalu. Pasalnya, pemangkasan anggaran dan pembukaan impor besar-besaran dinilai bertolak belakang dengan ambisi tersebut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kalangan legislatif meminta pemerintah untuk memperjelas dan menyusun peta jalan target swasembada sapi yang diharapkan tercapai pada 2026.

Pasalnya, pemangkasan anggaran dan pembukaan impor besar-besaran dinilai bertolak belakang dengan ambisi tersebut.

Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip menyampaikan dengan anggaran Ditjen Peternakan hanya Rp1,7 triliun, tidak mudah bagi Kementan untuk mengejar target swasembada. Untuk itu, diperlukan program strategis yang teat sasaran.

“Sekarang kan anggaran peternakan ini hanya Rp1,7 triliun. Bagaimana dengan program untuk memacu peternakan di daerah? Nyaris peternak di daerah ini tidak terurus. Kapan tercapai swasembadanya kalau potensi peternakan rakyat ini tidak diberdayakan?” ungkap I Made saat Raker dengan Kementerian Pertanian di Kompleks DPR RI, Rabu (5/10/2016).

Made menyampaikan sebenarnya program Sentra Peternakan Rakyat (SPR) yang digagas Dirjen Peternakan sebelumnya merupakan program yang prospektif. Dia mempertanyakan kelanjuta program tersebut di tahun depan.

Menurutnya, Kementan perlu memperjuangkan pemberdayaan melalui pemberian insentif modal kepada peternak. Dengan suntikan modal yang cukup, maka pemerintah dapat mengerek kesejahteraan peternak sekaligus menggairahkan perekonomian di perdesaan.

“Kalau programnya begini-begini saja, program-program itu tidak menukik ke bawah. Lalu kapan swasembadanya berhasil? Apalagi impornya tidak terkendali,” ungkap I Made.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper