Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMKM Kabupaten Sleman Peroleh Domain Gratis

UMKM di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mendapat kesempatan untuk memiliki domain gratis.
Ilustrasi-pandi.id
Ilustrasi-pandi.id

Bisnis.com, SLEMAN - UMKM di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mendapat kesempatan untuk memiliki domain gratis.

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar sosialisasi pemberian domain gratis bagi komunitas dan usaha kecil menengah dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Pada era teknologi informasi yang berkembang pesat, program tersebut tentunya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempublikasikan usaha sehingga mendorong pergerakan ekonomi lokal ke arah yang lebih baik," kata Bupati Sleman Sri Purnomo saat membuka sosialisasi di Sleman, Selasa (4/10/2016).

Menurut dia, dalam Visi Kabupaten Sleman 2016-2021, peningkatan aplikasi dan integrasi system e-Government merupakan salah satu poin penting yang terus digalakkan di berbagai bidang.

"Tugas tersebut tidak mudah mengingat perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat tidak dapat dijangkau semua lapisan masyarakat. Hal tersebut membawa konsekuensi bagi pemerintah untuk memberikan kemudahan akses teknologi informasi bagi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, program Satu Juta Domain gratis tersebut menjadi solusi untuk mendorong pertumbuhan e-commerce lokal, menumbuhkan konten positif dalam negeri sekaligus melokalisir akses internet dalam negeri mempercepat akses internet serta mewujudkan akses internet yang lebih terjangkau.

"Data domain yang telah terdaftar dalam program satu juta domain hingga hari ini baru mencapai 1.400 domain dari total target sebesar 60.000 domain di DIY," katanya.

Bupati berharap melalui sosialisasi ini dapat memacu masyarakat Sleman yang memiliki usaha kecil untuk segera mendaftarkan diri untuk memiliki domainnya. Terlebih saat ini tuntutan kemudahan transaksi online menjadi syarat wajib bisnis e-commerce.

"Kepada seluruh peserta sosialisasi diharapkan dapat menjadi agen perubahan di lingkup komunitas Anda. Sosialisasi program ini tidak hanya berhenti di sini namun harus kembali disebarluaskan oleh masing-masing peserta sehingga dapat mengundang lebih banyak pengguna domain 'I'd' (dot id)," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, yang perlu digarisbawahi adalah upaya maintenance domain itu sendiri. Banyak pengguna web yang hanya bersemangat di awal pembuatan domain namun justru lupa memperbaharui konten domain sehingga tidak menarik pengguna untuk mengakses domain tersebut.

"Kami minta kepada dinas terkait untuk mengawal proses ini dengan membekali dan meningkatkan kemampuan para pengguna domain serta secara berkala melakukan evaluasi sehingga domain-domain yang telah terdaftar dapat terus berkembang dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi di wilayah di Sleman," katanya.

Kepala Dinas Hubkominfo Kabupaten Sleman Agoes Susilo mengatakan peserta sosialisasi sebanyak 200 orang yang terdiri dari desa se Kabupaten Sleman, UKM, sekolah dan komunitas pelaku pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper