Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Anggarkan Rp1,9 Triliun untuk Sanitasi Berbasis Masyarakat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam periode 2015-2019 menargetkan pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam periode 2015-2019 menargetkan pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas)  di 94.454 lokasi dengan kebutuhan anggaran Rp 1,9 triliun dan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS-3R)  di 5.279 lokasi dengan kebutuhan anggaran Rp 1 triliun.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rina Agustin mengatakan bahwa pembangunan Sanimas di mulai tahun ini dan ditargetkan selesai pada 2017.

"Kami percepat pembangunan IPAL komunalnya sehingga dapat rampung pada 2017,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (23/09)

Rina menyampaikan bahwa untuk melakukan percepatan pembuatan sanitasi komunal di Jakarta, Ditjen Cipta Karya akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk membangun sebanyak 44 IPAL Komunal dengan total anggaran sebesar Rp 18,7 miliar. Rina berharap dengan adanya IPAL Komunal, kesehatan masyarakat akan meningkat.

“Masyarakat juga hendaknya tidak lagi membuang limbah secara langsung ke sungai, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih,” ujarnya.

Selain Sanimas, juga akan dibangun Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas III) di 15.000 desa baru yang berada di 365 kabupaten dan 33 provinsi pada periode 2016-2019. Sementara capaian Pamsimas I 2008-2012 dan Pasimas II 2013-2015 adalah di 12.000 desa yang berada di 220 kabupaten dan 33 provinsi, dengan kapasitas air minum terbangun 47.700 liter/detik dan tambahan akses air minum aman mencapai 9 juta jiwa serta tambahan akses sanitasi layak untuk 8,4 juta jiwa.

Pembangunan Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan akses aman air minum dan sanitasi layak yang berkelanjutan serta perilaku hidup bersih dan sehat, menurunkan buang air sembarangan dan angka penyakit serta mengarus-utamakan program penyediaan akses air minum dan sanitasi melalui partisipasi aktif masyarakat. Sasaran Pamsimas adalah MBR di perdesaan yang mengalami keterbatasan/rawan akses air minum dan sanitasi layak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper