Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Cabai Merah Meroket, Bulog Sumut Turun Tangan

Harga cabai merah di beberapa pasar tradisional di Medan terpantau meroket menembus Rp60.000 per kg. Untuk meredam gejolak harga tersebut, Perum Bulog Divre Sumatra Utara melakukan operasi pasar cabai merah di Pasar Petisah.
Cabai merah/Ilustrasi-Bisnis
Cabai merah/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, MEDAN - Harga cabai merah di beberapa pasar tradisional di Medan terpantau meroket menembus Rp60.000 per kg. Untuk meredam gejolak harga tersebut, Perum Bulog Divre Sumatra Utara melakukan operasi pasar cabai merah di Pasar Petisah.

Bulog Sumut membandrol cabai merah Rp53.000 per kg. Kepala Bulog Sumut Fatah Yasin menyebutkan, operasi pasar tersebut telah digelar sejak Selasa (6/9/2016).

"Kami tidak mematok sampai kapan operasi pasar ini akan berlangsung. Kami akan lihat dulu kebutuhan masyarakat bagaimana. Kami juga tidak ada stok pasti yang dijual. Kami pantau saat ini harga cabai merah Rp65.000 sampai Rp70.000 per kg," ujar Fatah pada Rabu (7/9/2016).

Lebih lanjut, dia mengatakan operasi pasar cabai merah masih dilakukan di Pasar Petisah. Untuk penambahan lokasi, Bulog Sumut terlebih dahulu melihat respons masyarakat.

"Kami saat ini juga masih punya stok di gudang, tapi tidak banyak. Sebagian lagi ada di petani. Ini untuk menjaga kualitas, karena cabai kan cepat membusuk. Untuk sekarang, pasokan cabai merah kami datangkan dari Karo. Biasanya batu bara juga," tambah Fatah.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pangan Sumut Gunawan Benjamin menyebutkan kenaikan harga cabai merah terjadi karena peningkatan permintaan. Kenaikan harga juga terjadi karena ketersediaannya juga memburuk.

"Banyak petani mengeluh tanaman cabai tidak tumbuh maksimal karena hujan. Akibatnya pasokan cabai akhir-akhir ini terganggu. Apalagi dalam waktu dekat ada Iduladha. Operasi pasar bisa saja menekan harga, tapi sudah seharusnya kita memiliki teknologi cold storade yang lebih mumpuni," ucap Gunawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper