Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusat Belanja Didorong Agresif Promosikan UMKM Sulsel

Pusat perbelanjaan di Kota Makassar maupun Sulawesi Selatan didorong agar memperbesar akses bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk melalui penyediaan ruang maupun tenant yang lebih memadai
Ilustrasi../.
Ilustrasi../.

Bisnis.com, MAKASSAR- Pusat perbelanjaan di Kota Makassar maupun Sulawesi Selatan didorong agar memperbesar akses bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk melalui penyediaan ruang maupun tenant yang lebih memadai.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan pusat perbelanjaan atau mall skala besar dengan segmen pasar kelas menengah ke atas sudah saatnya memfasilitasi pelaku UMKM agar mampu lebih memperluas cakupan pemasaran produk secara massif melalui promosi di pusat perbelanjaan.

"Pengelola-pengelola pusat perbelanjaan harus memberikan ruang kepada UMKM lokal, pemasaran produk dengan skala lebih besar. Intinya ada pelibatan UMKM secara aktif," katanya, Rabu (7/9/2016).

Dia menjelaskan, optimalisasi pemberdayaan UMKM daerah tidak hanya tanggungjawab pemerintah daerah setempat tetapi pula mesti mendapat dukungan dari pihak swasta yang memiliki skala bisnis lebih besar.

Dukungan dari pengelola pusat perbelanjaan dinilai bisa lebih menggairahkan UMKM dalam peningkatan kapasitas usaha, daya saing, maupun penguatan produk seiring dengan perluasan jangkauan pasar melalui pusat perbelanjaan.

Di sisi lain, Pemprov Sulsel juga memiliki program penciptaan wirausaha pada tingkat perdesaan yang berorientasi pada peningkatan produktivitas serta kualitas produk yang dihasilkan.

"Kami inginnya ada sinergitas, saling mendukung untuk mendorong roda perekonomian Sulsel tetap terjaga pada level tertinggi. Pengelola pusat perbelanjaan memberikan akses yang besar ke UMKM tentu akan jadi stimulus positif bagi ekonomi daerah," katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Sulsel Fadly Rifai mengatakan sejumlah mall di Makassar maupun pada beberapa daerah di Sulsel telah memberikan ruang bagi pelaku UMKM kendati memang masih dalam skala terbatas.

Namun demkian, lanjutnya, pelibatan secara aktif pelaku UMKM dalam memasarkan produknya juga dilakukan melalui penyelenggaraan event tertentu yang mana dilakukan pada sejumlah pusat perbelanjaan utama di Kota Makassar.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan menyelenggarakn event Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival pada empat mall besar di Makassar. Tentu ada pelibatan UMKM di sini," katanya.

Adapun event tersebut dijadwalkan berlangsung pada 27 September 2016 mendatang yang bakal berlangsung selama sebulan penuh yang disertai pula dengan sejumlah program meliputi Makassar Great Sale, pesta diskon, pameran kuliner makanan khas daerah serta lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper