Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI EROPA: Aktivitas Manufaktur dan Jasa Melambat

Seperti dikutip Bloomberg, Purchasing Manager Index (PMI) sektor manufaktur dan jasa yang dirilis IHS Markit merosot ke level 52,9 dari 53,2 pada bulan Juli, di bawah perkiraan sebelumnya sebesar 53,3.
Euro./afr.com
Euro./afr.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perekonomian zona Euro kehilangan momentum pada bulan Agustus, dengan pertumbuhan sektor swasta jatuh ke level terendah sejak awal tahun 2015.

Seperti dikutip Bloomberg, Purchasing Manager Index (PMI) sektor manufaktur dan jasa yang dirilis HIS Markit merosot ke level 52,9 dari 53,2 pada bulan Juli, di bawah perkiraan sebelumnya sebesar 53,3.

Penurunan tersebut terutama disebabkan tingkat ekspansi di Jerman yang lemah, negara dengan ekonomi terbesar di kawasan ini.

Laporan tersebut muncul hanya beberapa hari sebelum Bank Sentral Eropa (ECB) mengadakan pertemuan kebijakan pertama setelah liburan musim panas.

Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memprediksi pejabat bank sentral akan untuk menambah stimulus untuk menopang pemulihan dan meningkatkan inflasi, meskipun pendapat mereka berbeda mengenai diumumkan atau tidaknya kebijakan lebih lanjut.

"Data survei meningkatkan harapan bahwa ECB akan memilih untuk tidak menunggu sebelum menyuntikkan stimulus lebih pada perekonomian," kata Chris Williamson, ekonom bisnis utama IHS Markit seperti dikutip Bloomberg, Senin (5/9/2016).

Ia melanjutkan, kebijakan akan berada di bawah tekanan untuk bertindak akhir pekan demi menopang kepercayaan pada prospek perekonomian dan komitmen bank sentral pada target inflasi."

Pertumbuhan pesanan baru melambat ke level terlemah sejak Januari tahun lalu, dengan tanda-tanda yang muncul bahwa lapangan kerja baru akan berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper