Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LITERASI KEUANGAN: Ini Empat Langkah Percepatan Jokowi

Presiden Joko Widodo menyampaikan ada empat arahan untuk kementerian di bidang ekonomi guna melakukan upaya percepatan literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia yang salah satunya adalah perluasan jangkauan pelayanan bank.alah satunya adalah perluasan jangkauan pelayanan bank.
Presiden Jokowi/Bisnis-Rahman
Presiden Jokowi/Bisnis-Rahman

Bisnis.com, JAKARTA -  Presiden Joko Widodo menyampaikan ada empat arahan untuk kementerian di bidang ekonomi guna melakukan upaya percepatan literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia yang salah satunya adalah perluasan jangkauan pelayanan bank.

Jokowi, dalam sambutan pembukaan Indonesia Fintech Festival&Conference pada Selasa di Tangerang, mengatakan upaya tersebut (pertama) perlu menyesuaikan dengan kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan.

Kedua,   peningkatan kapasitas masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan formal untuk meningkatkan literasi warga terhadap lembaga keuangan.

Ketiga,  pemerintah akan memperkuat kebijakan yang mendukung sistem keuangan inklusif terutama bagi para pelaku UMKM.

Keempat,  perlindungan kepada para pengguna lembaga finansial formal untuk menjamin simpanan masyarakat di lembaga keuangan.

Generasi Muda

Presiden juga menyatakan apresiasinya kepada generasi muda bangsa yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam aplikasi bisnis maupun keuangan yang tentunya dapat bermanfaat bagi UMKM.

"Kalau ada aplikasi untuk kasir, aplikasi untuk akuntansi dan pembayaran pajak serta lain-lain saya kira ini akan memudahkan usaha-usaha kecil untuk bisa mengakses ke perbankan," jelas Jokowi.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan giat Indonesia Fintech Festival&Conference melakukan sejumlah agenda antara lain pembimbingan bagi pengembang aplikasi "technopreneur" serta memfasilitasi calon investor potensial di bidang tersebut.

Menurut Muliaman, ada sekitar 2.100 peserta dan 53 pembicara baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang membahas perkembangan aplikasi digital untuk bisnis dan UMKM.

Selain itu, terdapat 70 partisipan dari perusahaan startup Fintech yang 50 di antaranya merupakan pengembang dari Indonesia yang dikelola sebagian besar oleh generasi muda bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper