Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dugaan Monopoli Pelindo IV, Luhut Kunjungi Pelabuhan Makassar

Di tengah bergulirnya dugaan praktik monopoli layanan bongkar muat di Pelabuhan Makassar, Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan melakukan peninjauan langsung ke pelabuhan utama di wilayah timur tersebut.
Peti kemas/Ilustrasi-Bisnis
Peti kemas/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Di tengah bergulirnya dugaan praktik monopoli layanan bongkar muat di Pelabuhan Makassar, Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan melakukan peninjauan langsung ke pelabuhan utama di wilayah timur tersebut.

Informasi yang dihimpun Bisnis.com, Kamis (26/8/2016), Menko Luhut dijadwalkan meninjau langsung kegiatan layanan jasa kepelabuhanan di pelabuhan kelolaan Pelindo IV, membuka rapat kerja BUMN Kepelabuhanan itu serta kunjungan ke lokasi megaproyek Makassar New Port (MNP).

Kendati belum ada konfirmasi secara resmi dari Kemenko Maritim, kunjungan Menko Luhut ke Pelabuhan Makassar tersebut ditengari berkaitan pula dengan informasi dugaan praktik monopolistik oleh Pelindo IV.

Sekadar diketahui, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mulai mendalami dugaan laporan praktik monopolistik dan atau persaingan usaha tidak sehat yang ditengarai dilakukan Pelindo IV terkhusus pada segmen layanan bongkar muat.

Ketua KPPU Perwakilan Makassar, Ramli Simanjuntak mengatakan sejumlah pelaku usaha bidang bongkar muat telah dimintai keterangan dan bakal dilanjutkan dengan konfirmasi sari pihak Pelindo IV.

"Acuannya kita UU No.5/1999, tetapi sekarang masih dalami dulu, diteliti dulu untuk membuktikan adanya indikasi monopolistik maupun persaingan usaha tidak sehat," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper