Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dugaan Monopoli Pelindo IV, Luhut Kunjungi Pelabuhan Makassar

Di tengah bergulirnya dugaan praktik monopoli layanan bongkar muat di Pelabuhan Makassar, Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan melakukan peninjauan langsung ke pelabuhan utama di wilayah timur tersebut.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 25 Agustus 2016  |  10:45 WIB
Peti kemas - Ilustrasi/Bisnis
Peti kemas - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Di tengah bergulirnya dugaan praktik monopoli layanan bongkar muat di Pelabuhan Makassar, Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan melakukan peninjauan langsung ke pelabuhan utama di wilayah timur tersebut.

Informasi yang dihimpun Bisnis.com, Kamis (26/8/2016), Menko Luhut dijadwalkan meninjau langsung kegiatan layanan jasa kepelabuhanan di pelabuhan kelolaan Pelindo IV, membuka rapat kerja BUMN Kepelabuhanan itu serta kunjungan ke lokasi megaproyek Makassar New Port (MNP).

Kendati belum ada konfirmasi secara resmi dari Kemenko Maritim, kunjungan Menko Luhut ke Pelabuhan Makassar tersebut ditengari berkaitan pula dengan informasi dugaan praktik monopolistik oleh Pelindo IV.

Sekadar diketahui, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mulai mendalami dugaan laporan praktik monopolistik dan atau persaingan usaha tidak sehat yang ditengarai dilakukan Pelindo IV terkhusus pada segmen layanan bongkar muat.

Ketua KPPU Perwakilan Makassar, Ramli Simanjuntak mengatakan sejumlah pelaku usaha bidang bongkar muat telah dimintai keterangan dan bakal dilanjutkan dengan konfirmasi sari pihak Pelindo IV.

"Acuannya kita UU No.5/1999, tetapi sekarang masih dalami dulu, diteliti dulu untuk membuktikan adanya indikasi monopolistik maupun persaingan usaha tidak sehat," paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

monopoli makassar pelindo iv
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top