Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PON 2016: Kesiapan Gelora Bandung Lautan Api Diklaim 90%

Kesiapan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung menjadi tempat pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) September 2016 mendatang sudah matang.
Pin PON 2016 Jawa Barat/Antara-Agus Bebeng
Pin PON 2016 Jawa Barat/Antara-Agus Bebeng

Bisnis.com, BANDUNG - Kesiapan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung menjadi tempat pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) September 2016 mendatang sudah matang.

Sekda Jabar Iwa Karniwa optimistis Stadion GBLA Bandung rampung dipoles sebelum pembukaan PON 2016. Menurutnya saat ini secara fungsional GBLA sudah sangat layak digunakan.

"Tinggal masalah air, listrik, parkir, AC, penambahan daya dan koordinasi dengan upacara pembukaan," katanya usai rapat bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di GBLA, Bandung, Senin (1/8/2016).

Menurutnya dari rapat juga disepakati jika perbaikan dan penambahan kekurangan tuntas pada 31 Agustus mendatang. " Tinggal ada hal-hal lain, rapat teknis lanjutan. Masalah teknis akan diupayakan terus menerus. Senin depan rapat lagi," paparnya.

Iwa yang juga Ketua Harian PB PON mengatakan dari taksiran pihaknya persiapan GBLA sebagai opening dan closing ceremony sudah mencapai 90%. "Kita monitor. Diharapkan wali kota memantau day to day. Kami secara prinsip akan lakukan evaluasi," tuturnya.

Iwa melanjutkan, bahwa perbaikan GBLA sendiri memang cukup baik. Saat ini stadion yang punya kapasitas 38 ribu kursi duduk sudah mencapai 90%. "Kalau GBLA sudah 90%, ini akan terus dievaluasi dan dilihat secara ketat," ujar Iwa.

Terkait akses keluar dari Tol Purbaleunyi menuju Stadion GBLA, Iwa menuturkan pembangunan exit tol di kilometer 149 itu sudah mencapai 74%.

Namun pihaknya menghimbau agar pintu masuk menuju Jalan Tol Buah Batu ditutup pada hari pembukaan PON yakni pada 17 September 2016. "Alasan kenapa kita imbau ditutup pintu masuk Tol Buah Batu agar menghindari kemacetan saat opening ceremony PON nanti," ujarnya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan beberapa masalah yang dihadapi saat ini masih ada waktu untuk diperbaiki, dengan catatan Agustus seluruh pengerjaan bisa dikebut. Misalnya masalah PJU, dijanjikan dari dinas terkait bisa memenuhinya pada 31 Agustus. Termasuk soal daya listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper