Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JEMAAH CALON HAJI: Kemenag Janjikan Urusan Visa Beres Sebelum 9 Agustus

Kementerian Agama menjanjikan seluruh visa untuk calon jemaah haji gelombang pertama tahun ini akan selesai sebelum keberangkatannya pada 9 Agustus 2016.
Petugas Haji Indonesia. /Antara
Petugas Haji Indonesia. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Agama menjanjikan seluruh visa untuk calon jemaah haji gelombang pertama tahun ini akan selesai sebelum keberangkatannya pada 9 Agustus 2016.

Ahda Barori, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, mengatakan hingga 30 Juli 2016 sudah ada 90.183 visa yang diterbitkan otoritas Arab Saudi. Dengan begitu, masih ada 3.866 visa yang diterbitkan dari total 93.866 permohonan yang telah diterima otoritas Arab Saudi.

“Kami akan terus berupaya memastikan penyelesaian visa, sehingga persoalan terlambatnya visa yang terjadi di tahun sebelumnya tidak terulang,” katanya, Senin (1/8/2016).

Ahda menuturkan Kementerian Agama juga telah mendistribusikan 40.238 paspor dan visa kepada calon jemaah haji melalui kantor wilayah Kementerian Agama di provinsi. Bahkan, saat ini Kementerian Agama juga mulai memroses visa untuk calon jemaah haji yang berangkat pada gelombang kedua.

Tahun ini otoritas Arab Saudi menerapkan e-Hajj dalam pengelolaan dan penyelenggaraan haji. Otoritas Arab Saudi juga mengeluarkan kebijakan baru terkait visa haji, untuk memudahkan proses cetak.

Melalui kemudahan tersebut, calon jemaah haji dapat langsung mencetak visa yang telah disetujui di mana saja.

Dengan mekanisme urutan dan kemudahan dalam mencetak visa tersebut, Kementerian Agama optimistis dapat menyelesaikan persoalan visa yang kerap menjadi Kendall dalam Penyelenggaraan ibadah haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper