Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tumbuh Tipis, Arus Kapal ke Tanjung Perak Dinilai Masih Bagus

Arus kunjungan kapal domestik di Pelabuhan Tanjung Perak pada semester pertama tahun 2016 mencatatkan pertumbuhan sebesar 1,13% dibandingkan capaian tahun lalu pada periode yang sama.
Aktivitas bongkar muat peti kemas ekspor di Tanjung Perak, Surabaya/Bisnis.com
Aktivitas bongkar muat peti kemas ekspor di Tanjung Perak, Surabaya/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Arus kunjungan kapal domestik di Pelabuhan Tanjung Perak pada semester I/2016 mencatatkan pertumbuhan sebesar 1,13% dibandingkan dengan capaian tahun lalu pada periode yang sama.

Sampai dengan akhir Juni 2016, kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak mencapai 7.261 unit. Kapal pengangkut peti kemas menjadi kapal yang paling intens yakni sebanyak 2.875 kunjungan, disusul kapal pengangkut general cargo sebanyak 1.074 kunjungan dan kapal penumpang sebanyak 723 kunjungan.

Oscar Yogi, Kepala Humas Pelabuhan Tanjung Perak, mengatakan pencapaian arus kapal pada Juni 2016 mendorong Pelabuhan Tanjung Perak mampu menembus target semester I yang dianggarkan sebesar 7.179 kunjungan.

“Hal ini menjadi impresi yang positif terhadap kapasitas pelabuhan yang berlokasi di utara Surabaya ini dalam menangani segala jenis komoditas yang diangkut oleh kapal-kapal tersebut, terutama bagi pelayaran dalam negeri,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (26/7/2016).

Peningkatan arus kapal secara signifikan terjadi pada Juni, yakni sebesar 41% setelah pada sebelumnya hanya mencatat 824 kunjungan. Untuk arus kapal pelayaran luar negeri, jumlah kunjungannya relatif stabil dengan rerata 179 setiap bulannya, terhitung sejak bulan Januari sampai dengan Juni.

“Rasio perbandingan pelayaran asing dan domestik adalah 1 banding 6, dengan rincian 1.034 kunjungan kapal asing dan 6.227 kunjungan kapal domestik,” katanya.

Meskipun demikian, rasio arus kapal secara tonase berbanding tipis yaitu 1 banding 1,2 dengan rincian tonase kapal asing 21 juta ton dan kapal domestik 25 juta ton.

Mengenai arus barang, lanjutnya, Pelabuhan Tanjung Perak mampu melampaui target, yaitu diatas 8%, untuk penanganan komoditas general cargo, curah kering dan curah cair (baik BBM maupun Non BBM).

Secara rinci, arus barang untuk komoditas general cargo adalah 3,2 juta ton/m3; curah kering sebanyak 3,6 juta ton, dan curah cair sebanyak 2,9 juta ton/liter.

Sementara itu, komoditas petikemas mampu ditangani sebanyak 296.137 TEUs atau masih tercapai 46 persen dari target yang ditetapkan dalam satu tahun, yakni 650.766 TEUs.’

’Ini arus Peti Kemas di Luar BJTI Port dan Terminal Peti Kemas Surabaya,’’ ujarnya

Sementara itu, arus penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak tercatat sebanyak 206.248 orang dengan komposisi, 56% penumpang debarkasi dan 44% penumpang embarkasi.

Kemudian, arus hewan melalui Pelabuhan Tanjung Perak sepanjang semester pertama tahun 2016 mencapai 13.911 ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper