Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Big Start Indonesia, Kompetisi Usaha Kreatif Tawarkan Hadiah Rp1 Miliar

Dalam rangka ulang tahun Blibli.com yang kelima pada hari ini, Blibli.com bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) meluncurkan The Big Start Indonesia.
Logo Badan Ekonomi Kreatif. / Bisnis
Logo Badan Ekonomi Kreatif. / Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka ulang tahun Blibli.com yang kelima pada hari ini, Blibli.com bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) meluncurkan The Big Start Indonesia.

Web series kompetisi pertama ini fokus pada pencarian pengusaha kreatif lokal dengan produk terbaik. Total hadian yang diperebutkan senilai Rp1 miliar. Pemenangnya bakal didaftarkan mereknya untuk mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI), mendapatkan bimbingan langsung dari para ahli, dan kesempatan untuk memperluas jaringan distribusi dan networking.

Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com mengatakan kampanye yang berbentuk kompetisi digital ini dibuka untuk para pengusaha kreatif lokal yang kreatif, inovatif, dan unik serta memproduksi karya mereka sendiri dan telah dipasarkan.

Pendaftaran The Big Start Indonesia dibuka sejak awal bulan Juni 2016 hingga 10 Agustus 2016. Pada masa pendaftaran ini, para pengusaha kreatif diwajibkan untuk mendaftarkan produk dan mengisi data diri mereka di micrositehttps://thebigstart.blibli.com/.

Setelah itu, dari peserta yang masuk akan dipilih 100 orang finalis dan akan dikerucutkan kembali hingga 20 orang finalis. Dua puluh orang finalis ini, akan mengikuti masa karantina yang akan direkam dan ditayangkan di kanal YouTube The Big Start Indonesia pada bulan September – Oktober 2016 setiap hari Selasa dan Kamis.

“Saat ini, semakin banyak generasi muda Indonesia yang mengeluarkan kreatifitas mereka dan menuangkannya ke dalam bentuk bisnis. Bisnis ini mereka jalani dari awal, dari hanya mempromosikannya ke orang-orang terdekat mereka sendiri hingga menggunakan sosial media. Blibli.com melihat ini sebagai sebuah tren yang harus didukung dan tren ini sesuai dengan komitmen kami yang ingin memberdayakan para pengusaha kreatif ini dengan memberikan dukungan agar mereka bisa semakin maju dan produk mereka bisa dipasarkan lebih luas lagi,” katanya, Senin (25/7/2016).

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengatakan pihaknya siap mendukung kampanye tersebut. Bentuk dukungannya, antara lain menjanjikan fasilitas HKI bagi 20 finalis yang lolos tahap karantina.

"Dalam kegiatan ini, pengusaha kreatif bakal mendapat kesempatan untuk menunjukkan produk terbaik mereka, mendapatkan bimbingan langsung dari ahli bisnis, perlindungan kekayaan intelektual dan berkesempatan untuk memasarkan bisnis mereka ke tahap selanjutnya. Hal ini sejalan dengan visi kami yang ingin selalu mendukung pengusaha kreatif Indonesia,” ujarnya.

Selain oleh Triawan Munaf, dua puluh orang finalis yang terpilih masuk masa karantina akan dibimbing oleh para mentor lainnya, seperti; Daniel Mananta, Founder dan CEO Damn! I Love Indonesia; Stephanie Yoe, Babson Global Ambassador untuk Indonesia & Business Development Manager Blibli.com; Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation; dan Henry C. Widjaja, Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra.

Kampanye The Big Start Indonesia ini juga didukung oleh beberapa partners, yang diantaranya adalah Djarum Foundation, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Podomoro University, Google, Facebook. YouTube, dan Instagram.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper