Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lembaga Riset: Jumlah Benih Palsu Sawit Cukup Banyak

Lembaga Riset Perkebunan Nusantara (RPN) menyebut saat ini kebun kelapa sawit yang tidak menggunakan bibit yang benar atau bibit palsu terbilang cukup banyak. Hal tersebut menyebabkan produktivitas tanaman sawit dapat menyentuh 1 ton CPO per hektarLembaga Riset Perkebunan Nusantara (RPN) menyebut saat ini kebun kelapa sawit yang tidak menggunakan bibit yang benar atau bibit palsu terbilang cukup banyak. Hal tersebut menyebabkan produktivitas tanaman sawit dapat menyentuh 1 ton CPO per hektare per tahun.e per tahun.
Buah kelapa sawit/Antara
Buah kelapa sawit/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Riset Perkebunan Nusantara (RPN) menyebut saat ini kebun kelapa sawit yang tidak menggunakan bibit yang benar atau bibit palsu terbilang cukup banyak. Hal tersebut menyebabkan produktivitas tanaman sawit dapat menyentuh 1 ton CPO per hektare per tahun.

Direktur Riset dan Pengembangan RPN, Gede Wibawa mengatakan potensi produktivitas tanaman sawit dapat mencapai 8 ton per hektare per tahun. Dia menyebut peredaran benih palsu terutama terjadi di kalangan petani kecil yang tidak memiliki akses pengetahuan soal benih sawit yang baik.

“Kalau benihnya itu rusak, produktivitas CPO-nya itu bisa 3-3,5 ton per hektare per tahun. Daerah yang krusial penyebaran benih palsu misalnya Jambi dan Pekanbaru. Benih yang illegitimate di perkebunan sawit rakyat bisa mencapai 12%-15% dari total perkebunan sawit rakyat,” kata Gede di Jakarta, Kamis (21/7).

Sebagai catatan, dari sekitar 10,3 juta hektare tanaman sawit saat ini, perusahaan swasta menguasai 50% luasan, perkebunan sawit rakyat yaitu 43%, sedangkan sisanya merupakan perkebunan milik BUMN atau PTPN.

Gede mamaparkan ada beberapa faktor yang menyebabkan petani mengakses bibit yang produktivitasnya rendah, seperti ketidaktahuan petani, mengingat bibit palsu sulit dibedakan dengan bibit resmi yang telah berstandar nasional.

Menurutnya, bibit palsu yaitu apa yang diterangkan di labelnya tidak sesuai dengan kenyataannya. Dia menyebut petani pun kerap menggunakan bibit dari salah satu induknya. Padahal, benih terbaik adalah yang telah melalui proses penyilangan atau crossing yang disebut benih hibrida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper