Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang di Bandara Ngurah Rai Selama Lebaran Naik 30%

Pergerakan penumpang selama libur Lebaran 2016 lalu di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Suasana terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai./JIBI-Natalia Indah Kartikaningrum
Suasana terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai./JIBI-Natalia Indah Kartikaningrum

Bisnis.com, DENPASAR - Pergerakan penumpang selama libur Lebaran 2016 lalu di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Trikora Harjo, General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, mengatakan jika dibandingkan dengan tahun lalu secara global, pergerakan penumpang mengalami peningkatan 30% - 40% dibandingkan dengan Lebaran 2015 lalu.

“Meskipun tahun lalu ada kejadian Gunung Raung, namun secara global penumpang tumbuh 30% - 40% baik itu domestik maupun internasional. Sedangkan pada H+6 ini kami melihat arus penumpang sudah agak menurun, sudah mulai normal seperti hari-hari biasanya, tinggal beberapa yang akan kembali ke Jakarta maupun daerah lain dari bandara ini,” paparnya, Rabu (13/7/2016).

Dia menambahkan, berdasarkan pantauan Posko Lebaran di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai selama arus mudik maupun arus balik tahun ini berjalan lancar, tidak ada hal-hal yang harus ditangani secara khusus.

“Memang ada beberapa kendala terkait keterlambatan airlines, namun hal tersebut telah kami atasi bersama dengan pihak terkait,” tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, pengamanan dalam lokasi bandara selama masa liburan pun berjalan lancar. “Kami sudah mengerahkan sumber daya manusia kami sebanyak 1.628 orang bersama dengan TNI, Polri, dan pihak terkait lainnya untuk melakukan pengamanan guna meningkatkan kenyamanan penumpang pada masa liburan Lebaran melalui posko tersebut. Selain itu kami juga telah membagi 4 zona untuk melakukan pengamanan,” paparnya.

Hingga saat ini Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2016 masih akan berlangsung dan akan ditutup pada 17 Juli 2016 mendatang, imbuhnya.

Sebelumnya, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat pergerakan tertinggi arus balik Lebaran untuk penerbangan domestik pada H+3 yaitu sebanyak 38.471 penumpang.

"Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan rata-rata pergerakan penumpang domestik pada hari biasa terjadi peningkatan sebesar 51%. Sedangkan untuk arus balik penumpang penerbangan internasional tertinggi di H+3 Lebaran 2016 sebanyak 32.205 penumpang. Jumlah tersebut naik 25% jika dibandingkan dengan rata-rata hari biasa,” ungkap Trikora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper