Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUNJUNGAN TURIS ASING: Wisman ke Jateng Naik, Mayoritas dari Malaysia

Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Tengah pada Mei 2016 melalui pintu masuk Bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani mencapai 1.944 kunjungan atau naik 14,8% dibanding bulan sebelumnya, yakni sebanyak 1.692 kunjungan
Bandara Adi Sumarmo./.
Bandara Adi Sumarmo./.

Bisnis.com,SEMARANG- Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Tengah pada Mei 2016 melalui pintu masuk Bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani mencapai 1.944 kunjungan atau naik 14,8% dibanding bulan sebelumnya, yakni sebanyak 1.692 kunjungan.

Kepala BPS Jawa Tengah Margo Yuwono memaparkan kenaikan jumlah wisman juga bisa dilihat melalui tol pintu masuk Bandara Adi Sumarmo. Jumlah wisman pada Mei 2016 mengalami kenaikan sebesar 15,02%, yaitu dari 626 kunjungan menjadi 720 kunjungan.

Jika dibandingkan pada periode yang sama, yaitu pada Mei 2015 jumlah wisman yang berkunjung ke Jateng melalui pintu masuk Bandara Adi Sumarmo sebanyak 618 kunjungan, atau naik sebanyak 102 kunjungan atau sebesar 16,5%. Sementara itu jumlah kunjungan melalui pintu masuk bandara Ahmad Yani pada Mei 2016 sebanyak 1.224 kunjungan, atau naik 14,82 % dibandingkan bulan sebelumnya yaitu pada April 2016 sebanyak 1.066 kunjungan.

"Paling banyak kunjungan ke Jateng dari warga Malaysia. Pertimbangannya jaraknya tidak terlalu jauh," paparnya, Sabtu (2/7/2016).

Lebih rinci, jumlah wisman terbanyak yang berkunjung ke Jawa Tengah melalui Bandara Adi Sumarmo Solo adalah warga negara kebangsaan Malaysia (MLS), yaitu sebanyak 465 kunjungan selama Mei 2016, disusul wisman warga negara kebangsaan Thailand (TAI) sebanyak 11 kunjungan dan warga negara kebangsaan Amerika (USA) sebanyak 9 kunjungan.

Demikian juga jumlah kunjungan wisman melalui tol pintu masuk bandara Ahmad Yani Semarang terbanyak adalah warga negara berkebangsaan Malaysia, yaitu sebanyak 392 kunjungan, disusul warga negara kebangsaan Singapura
(SPO) 389 kunjungan dan warga negara kebangsaan India (IND) 98 kunjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper