Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bus Angkutan Lebaran Dilarang Beroperasi, Pemudik Motor Akan Semakin Banyak

pemudik sepeda motor akan semakin bertambah setelah 1.569 busangkutan Lebaran dilarang mengangkut penumpang karena gagal memenuhipersyaratan kelaikan dalam uji pemeriksaan (ramp check) yangdilaksanakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) periode 6Juni 2016 hingga 25 Juni 2016.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Juli 2016  |  14:28 WIB
Bus Angkutan Lebaran Dilarang Beroperasi, Pemudik Motor Akan Semakin Banyak

Bisnis.com, JAKARTA- pemudik sepeda motor akan semakin bertambah setelah 1.569 bus angkutan Lebaran dilarang mengangkut penumpang karena gagal memenuhi persyaratan kelaikan dalam uji pemeriksaan (ramp check) yang dilaksanakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) periode 6 Juni 2016 hingga 25 Juni 2016.

"Pemudik yang biasanya berangkat dengan bus angkutan Lebaran akan beralih ke sepeda motor karena kapasitas angkutan umum terbatas," kata pengamat transportasi Eka Sari Lorena dalam siaran persnya,bdi Jakarta.

Menurut dia, tingginya pemudik dengan sepeda motor akan berdampak pada angka kecelakaan. Fakta menunjukkan 80% melibatkan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Berdasarkan data Kementerian perhubungan tahun 2016 jumlah pemudik dengan sepeda motor meningkat.

Tahun 2016 diprediksi 3,81 juta sepeda motor yang dipakai mudik, naik dari 3,76 juta unit sepeda motor pada Lebaran 2016. Apabila satu sepeda motor memiliki penumpang dua orang maka pemudik mencapai 7,62 juta orang. Mengacu data tersebut, Eka meminta Kementerian Perhubungan mengevaluasi persyaratan bus angkutan Lebaran agar bisa beroperasi.

Apalagi sebagai regulator seharusnya membina pengusaha angkutan umum. Sementara untuk memindahkan para pemudik menggunakan angkutan umum perlu intervensi Kementerian Perhubungan.

Eka menambahkan kuota mudik gratis bagi pengguna sepeda motor sebanyak 27.834 kendaraan yang diadakan Kemenhub belum berkontribusi mengurangi pemudik dengan kendaraan roda dua. "Program motor gratis hanya mengangkut 1% dari jumlah motor yang digunakan untuk mudik," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemudik motor
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top