Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Apresiasi Program Ramadhan Rumah Impian REI

Pemerintah memberikan apresiasi terhadap program Rumah Impian yang selalu dilaksanakan oleh Real Estat Indonesia (REI) pada bulan suci Ramadhan.

Bisnis.com, JAKARTAPemerintah memberikan apresiasi terhadap program Rumah Impian yang selalu dilaksanakan oleh Real Estat Indonesia (REI) pada bulan suci Ramadhan.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddine mengatakan, kegiatan berupa pemberian rumah secara gratis tersebut sangat membantu bagi masyarakat kurang mampu sehingga mereka bisa memiliki rumah yang layak huni.

“Kami sangat memberikan apresiasi terhadap program Ramadhan Rumah Impian yang dilaksanakan oleh REI setiap bulan Ramadhan. Ini menunjukkan REI khususnya DPD REI Sulawesi Selatan tetap konsisten membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan perumahan,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (29/6/2016).

Hal tersebut disampaikannya pada kegiatan Ramadhan Rumah Impian yang di selenggarakan oleh DPD REI Sulawesi Selatan di Perumahan Citra Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, Makassar, Selasa (28/6/2016).

Pada kesempatan tersebut, Syarif juga melakukan penyerahan kunci rumah kepada para penerima bantuan rumah gratis tersebut.

Syarif menjelaskan, saat ini pemerintah melakukan penghematan pada anggaran perumahan sehingga dukungan untuk bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk perumahan di daerah-daerah mengalami penurunan.

“Saya harap para pengembang seperti REI Sulsel tetap semangat dan mendukung pembangunan rumah murah bagi masyarakat di daerah dan pemerintah daerah bisa memberikan kemudahan untuk perizinan pembangunannya,” ungkap Syarif.

Sebagai informasi, DPD REI Sulsel setiap tahun, khususnya pada bulan Ramadhan, memberikan 10 unit rumah secara gratis berupa rumah tipe 36 kepada masyarakat yang dianggap layak menerima bantuan. Kesepuluh unit rumah itu tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Selatan.

“Setiap tahun kami selalu memberikan 10 unit rumah dan sekarang sudah tahun ke 6 dan total rumah yang sudah kami berikan menjadi 63 unit rumah. Kali ini penyerahan rumah yg ke 10 mengambil lokasi di perumahan Citra Bonto Marannu Kabupaten Gowa. Rumah tersebut merupakan sumbangan dari PT. Condang Putra Utama yang merupakan anggota DPD REI Sulsel,” ujar Ketua DPD REI Sulsel Arief Mone.

Dalam penyaluran bantuan rumah ini, pihak REI Sulsel menggandeng Harian Fajar Group selaku media lokal untuk memilih dan menyeleksi siapa yang benar-benar berhak mendapatkan bantuan rumah impian tersebut secara gratis tanpa ada pungutan biaya apa pun.

Rumah yang diberikan secara cuma-cuma ini  bahkan juga sudah diisi dengan perabotan dan meubeler berupa lemari, tempat tidur dan perabotan lain di dalamnya.

Proses seleksi pun dilakukan dengan cara meminta data kepada masyarakat atau pun pemerintah setempat kemudian turun langsung melihat kondisi calon penerima bantuan dan memastikan layak atau tidak nya mendapat bantuan.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Sahrul Yasin Limpo  yang juga hadir dalam kegiatan tersebut terlihat sangat antusias dan memberikan dukungan pada kegiatan tersebut.

Dia menyampaikan apabila ada penerima bantuan yang sudah diundang ke acara ini dan dia tidak jadi mendapatkan bantuan dikarenakan ada orang yang lebih layak untuk menerima bantuan, maka dirinya bersama Dirjen Penyediaan Perumahan sepakat mengeluarkan dana pribadi membelikan orang tersebut rumah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang ikut andil dalam terlaksananya acara yang sangat membantu masyarakat kurang mampu ini. Sebab masih banyak masyarakat yang memerlukan bantuan karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk membeli ataupun menempati rumah yang layak huni karena keterbatasan ekonominya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper