Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ALP Operasikan 3 Ferry Layari Priok-Panjang Lampung

PT Atosim Lampung Pelayaran siap mengoperasikan tiga kapal ferry pada Rabu, 22 Juni 2016 dari Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang, Lampung guna mengurangi beban kemacetan di jalur darat dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 21 Juni 2016  |  17:30 WIB
ALP Operasikan 3 Ferry Layari Priok-Panjang Lampung
Ilustrasi ferry
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Atosim Lampung Pelayaran siap mengoperasikan tiga kapal ferry pada Rabu, 22 Juni 2016 dari Tanjung Priok menuju Pelabuhan Panjang, Lampung guna mengurangi beban kemacetan di jalur darat dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.
 
Kepala Operasional PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) cabang Bandar Lampung Sudarmadi Rahmatama mengatakan besok, 22 Juni 2016 Direktur Jenderal Perhubungan Laut A Tonny Budiono akan meresmikan pengoperasian kapak ferry milik PT ALP di Lampung.
 
“Besok peresmian jalur Tanjung Priok ke Lampung ini dilaksanakan sore hari, dan untuk besok rencananya hanya ada satu kapal yang beroperasi, dua kapal lainnya menyusul ditambah pada hari berikutnya,” kata Sudarmadi kepada Bisnis, Selasa (21/6).
 
Sudarmadi menyebut ALP akan mengoperasikan tiga kapal ferry berjenis Ro-Ro (roll on-roll off) dengan kapasitas yang cukup besar. Menurut Sudarmadi, satu kapal ferry jenis Ro-Ro memiliki kapasitas penumpang antara 800-1000 orang.
 
“Kapal ini juga bisa mengangkut truk ukuran besar dan tronton sebanyak 120 unit, bahkan untuk mengangkut mobil pribadi saya kapal ini punya kapasitas angkut untuk 500 unit mobil,” tambah Sudarmadi.
 
Sudarmadi mengakui bahwa program bisnis baru yang dilakukan oleh ALP adalah bentuk antisipasi atas kepadatan yang mengintai Pelabuhan Merak-Bakauheni setiap momentum arus mudik dan hari libur.
 
“Kami baru merencanakan saat ini tiga kapal, kami masih melihat prospek bisnis di jalur ini kalau bagus dan ramai akan kami tingkatkan, sehingga sementara kami sudah merencanakan akan menggenapi total kapal yang beroperasi menjadi 6 kapal,” sambungnya.
 
Terkait biaya perjalanan, tarif tiket untuk pejalan tanpa kendaran usia dewasa dikenakan Rp55.000, sementara untuk tiket anak-anak dikenakan Rp35.000.

Tarif tiket untuk kendaraan golongan sepeda sampai motor besar diatas 250cc dikenakan harga Rp90.000 sampai dengan Rp180.000. Tarif untuk mobil sedan, jeep, dan sejenisnya Rp450.000 sementara mobil pick up, dan box Rp450.000.
 
Tarif untuk bus kecil dikenakan Rp965.000, truk sedang (colt diesel) Rp825.000, bus besar memiliki harga tiket Rp1,4 juta, truk besar Rp1,27 juta. Tarif untuk tronton dikenakan Rp1,72 juta, dan trailer dikenakan harga tarif antara Rp2,1 juta sampai Rp3,3 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merak-bakauheni ferry
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top