Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PGN Garap Jaringan Gas Bumi Kalisogo-Waru

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. atau PGN tengah merampungkan pembangunan pipa distribusi gas bumi di Kalisogo Waru, Jawa Timur sepanjang 30 kilometer.

Bisnis.com, SURABAYA—PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. atau PGN tengah merampungkan pembangunan pipa distribusi gas bumi di Kalisogo – Waru, Jawa Timur sepanjang 30 kilometer.
 
Area Head PGN Sidoarjo Andaya Endy Saputra mengatakan tambahan infrastruktur pipa gas tersebut akan menambah pelanggan rumah tangga, industri, dan lainnya. Saat ini PGN sudah menyalurkan gas bumi ke 5.218 pelanggan rumah tangga dan industri di Sidoarjo.
 
"Awal tahun ini saja beberapa industri di Sidoarjo sudah pakai gas bumi, di antaranya seperti PT United Can, Samudra Luas,  dan Pancatriadi II," tutur Andaya dalam siaran pers, Senin (13/6/2016).
 
Proyek pipa gas Kalisogo-Waru ini dapat dimanfaatkan calon pelanggan seperti industri pakan, food beverage, keramik, dan kawasan industri baru di sekitar Sidoarjo.
 
"Proyek pipa gas bumi ini akan semakin memperluas jaringan pipa gas PGN di Jawa Timur," imbuh Direktur PGN Dilo Seno Widagdo.

Selain pipa Kalisogo – Waru juga sedang diselesaikan pembangunan pipa distribusi gas bumi rumah tangga di Surabaya sepanjang 167 km. Proyek ini merupakan penugasan pemerintah kepada PGN.
 
Nantinya dari proyek tersebut, gas bumi akan dialirkan ke 24.000 rumah tangga yang ada di wilayah Surabaya Tengah, Surabaya Timur, dan Surabaya Selatan.

Andaya menjelaskan khusus di Jatim sendiri, PGN sudah menuntaskan dua proyek pipa gas, yaitu di Jetis-Ploso (Mojokerto – Jombang) sepanjang 27 km dan Kejayan Purwosari (Pasuruan) sepanjang 15 km.
 
Jetis – Ploso dapat memasok gas hingga 65 juta kaki kubik per hari (MMscfd). Adapun Kejayan -Purwosari dapat menyalurkan gas bumi hingga 5 MMscfd.

Sebelum dua proyek itu rampung, PGN sudah mengoperasikan pipa gas di Surabaya sepanjang lebih dari 493 km, di Sidoarjo lebih dari 313 km dan Pasuruan sepanjang lebih dari 189 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper