Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KEK SEI MANGKEI: PTPN III Cari Mitra Bangun Industri Ban

PT Perkebunan Nasional (PTPN) III tengah menjajaki pelaku industri ban untuk membuka pabrik baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 09 Juni 2016  |  09:59 WIB
KEK SEI MANGKEI: PTPN III Cari Mitra Bangun Industri Ban
Ilustrasi - Jibiphoto
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - PT Perkebunan Nasional (PTPN) III tengah mencari pelaku industri ban untuk menjadi mitra dalam membuka pabrik baru di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan PT Perkebunan Nasional (PTPN) III Rinaldi menyebutkan ada beberapa perusahaan yang menjadi pemain dalam industri ban seperti PT Bridgestone Tire Indonesia, Goodyear dan Gajah Tunggal. 

"Kami masih melakukan feasibilty study, setelah itu mitra akan kami cari. Namun, ini masih menunggu perusahaan yang mengajukan diri ke PTPN," katanya pada Bisnis, Kamis (9/6/2016).

Rinaldi menuturkan pabrik ban yang akan dibangun, dikhususkan untuk kendaraan roda dua. PTPN III merencanakan kapasitas produksi bank per tahun mencapai 7,5 juta unit ban.

Dia mengungkapkan pembangunan akan dilakukan secepat mungkin bila feasibilty study selesai, maka pihaknya akan langsung membicarakan skema bisnis dan nilai investasi.

Dia menyampaikan tak menutup kemungkinan pembangunan pabrik ban tersebut mencari pendanaan dari eksternal seperti perbankan. Dia mencontohkan seandainya equity 30%, maka dana dari bank mencapai 70%. Setelah itu, pihaknya menentukan komposisi saham perusahaan ban dengan mitra.

Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Sekretaris Dewan Nasional KEK Kementerian Koordinator Perekonomian Bambang Wijanarko mengatakan saat ini administrator KEK Sei Mangkei telah dibentuk untuk mempermudah persoalan teknis dalam invetasi di lapangan. Dia menyebutkan bahwa PTPN III siap membangun industri ban di dalam kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri ban ptpn iii
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top