Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JALUR MUDIK 2016: PU Targetkan Perbaikan Tuntas Sebulan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan seluruh lintasan mudik lebaran 2016 ini 100% akan mulus dilalui kendaraan.
Jalur mudik Cianjur-Bandung satu arah./Antara
Jalur mudik Cianjur-Bandung satu arah./Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan seluruh lintasan mudik lebaran 2016 ini 100% akan mulus dilalui kendaraan.

Menteri PU Pera Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya pekan kemarin sudah menerjunkan seluruh tim yang dikomandoi eselon I kementerian untuk melakukan inspeksi pada jalur-jalur mudik di Jawa maupun luar Jawa. “Minggu ini akan ada laporan, jadi yang kurang-kurang bisa kita perbaiki dalam waktu satu bulan,” katanya di Bandung, Rabu (25/5/2016).

Menurutnya, waktu satu bulan sudah cukup untuk menggenjot perbaikan jalan karena hasil pantauan pihaknya kerusakan yang terjadi tak begitu berat. Bahkan Basuki sendiri yang pekan lalu melakukan Tour de Flores memastikan jalur sepanjang 600 kilometer baik. “Insha Allah jalur mudik siap untuk dilalui,” ujarnya.

Basuki optimistis selain jalan raya yang siap dilintasi pemudik, dari sisi pengaturan lalu lintas pun sudah matang. Dia menunjuk mulai dibukanya Tol Pejagan-Brebes Timur diprediksi akan membuat arus tak menumpuk seperti tahun sebelumnya. “Nantinya akan kita integrasikan pintu tol dari Cikarang, Palimanan hingga Brebes Timur,” katanya.

Dengan hanya beroperasinya tiga pintu tol menuju Utara Jawa ini diyakini mengurangi tersendatnya kendaraan. Bahkan Basuki memastikan untuk pintu tol Palimanan yang biasanya dibuka 11 pintu akan menjadi 23 pintu tol. “Jadi arus akan lebih besar yang terlayani,” cetusnya.

Kementerian juga menekankan rencana pembukaan Tol Pejagan akan dilakukan pada awal Juni mendatang. Selain tol ini, pihaknya juga melakukan perbaikan di Lingkar Simpyuh, Jawa Tengah yang biasa menyebabkan kemacetan panjang. “Itu memang tempat macet, tapi kita sudah ada alternatifnya,” paparnya.

Dihubungi terpisah, Dinas Bina Marga Jawa Barat memastikan jalur mudik dan balik lebaran tahun ini di Jawa Barat tidak ada masalah. Kondisi ruas jalan, baik itu jalan nasional dan jalan provinsi dalam kondisi bagus dan siap digunakan.

"Evaluasi dengan Ditlantas (Polda Jabar), jalur lebaran dibagi tiga koridor. Utara, tengah, dan selatan. Dari ruas jalan yang ditinjau jalan nasional dan provinsi tidak ada masalah," kata Kepala Dinas Bina Marga M Guntoro.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper