Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BENIH UNGGUL: Benih Padi Arize 6444 Gold Klaim Panen Lebih Banyak 35%

Benih padi hibrida Arize® H6444 Gold dari Bayer diklaim dapat memberikan hasil panen 20%-35% lebih banyak dari biasanya
Ilustrasi./Reuters-Stringer
Ilustrasi./Reuters-Stringer

Bisnis.com, JAKARTA--Benih padi hibrida Arize® H6444 Gold dari Bayer diklaim dapat memberikan hasil panen 20%-35% lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, padi jenis pertama yang tersedia di Indonesia ini memiliki perlindungan kuat terhadap Bacterial Leaf Bli (BLB), atau penyakit padi yang menyebabkan kerusakan panen terutama di musim hujan.

Mohan Babu, Country Head Bayer Crop Science Division Malaysia & Indonesia, menuturkan benih padi hibrida Arize® 6444 Gold yang aromatik menawarkan keuntungan hasil 20%-35% lebih banyak dari varietas penyerbukan terbuka yang ada.

"Dalam kasus serangan BLB, peningkatan hasil panen juga sangat signifikan dibandingkan inbrida tradisional atau varietas hibrida lainnya," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (22/5/2016).

Di Indonesia, BLB memengaruhi lebih dari 7 juta hektare tanah pertanian per tahun. Penyakit ini menyebabkan bibit menjadi layu, menguning, dan daun mengering, sehingga panen berpotensi berkurang antara 20%-60%.

Bukan hanya BLB, sektor pertanian saat ini juga mengalami tantangan lain, seperti keterbatasan lahan bercocok tanam, kondisi cuaca yang ekstrim karena perubahan iklim, volatilitas pasar, serta kurangnya tenaga kerja serta sumber daya lainnya.

Amit Trikha, Head of Seeds di Divisi Crop Science Bayer Asia Pacific menambahkan, Indonesia merupakan negara berkembang ketiga terbesar di dunia dengan 13 juta haktere lahan sawah. Tantangan utama ke depan ialah meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan domestik.

"Peningkatan hasil panen padi adalah salah satu hal penting dari tantangan utama di Indonesia. Peningkatan kapasitas produksi diperlukan untuk menjawab kebutuhan pangan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper