Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Hasil Kesepakatan Jokowi-Wakil PM China

Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping sepakat meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi antar negara.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 09 Mei 2016  |  16:56 WIB
Ini Hasil Kesepakatan Jokowi-Wakil PM China

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping sepakat meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi antar negara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kunjungan kehormatan pemerintah China yang dipimpin Wakil Perdana Menteri Yang Jiechi membawa pesan dari Presiden Jinping terkait komitmen China untuk meningkatkan kerja sama di sejumlah sektor khususnya di bidang ekonomi.

"Untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan RI di semua lini, bidang ekonomi terkait perdagangan dan investasi," katanya, di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (9/5/2016).

Saat ini, Retno mengatakan nilai perdagangan kedua negara cukup besar mencapai US$ 44 miliar.

"Tetapi terdapat tren penurunan, maka Presiden meminta bersama-sama, tren itu dikembalikan atau bahkan ditingkatkan, dari sisi perdagangan," jelasnya.

Selain itu, RI juga mengusulkan untik mendirikan Indonesia Investment and Promotion Center di sejumlah kota besar di China, seperti Shanghai dan Beijing.

Pertemuan tersebut juga membicarakan sejumlah hambatan perdagangan yang masih ditemukan antar kedua negara untuk dihilangkan.

Di bidang investasi, Retno mengatakan terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari sisi nilai sebesar 400%.

"Presiden menyambut baik tentu saja, dan menyampaikan juga upaya-upaya yang sudah dilakukan RI untuk menarik investasi asing masuk," jelasnya.

Adapun, Retno mengatakan pertemuan tersebut turut membicarakan proyek kerja sama infrastruktur kedua negara yang tengah berlangsung, salah satunya kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Dibahas secara sekilas, bahwa ada kerjasama, sudah ada, hanya perkembangannya," ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menko Polhukam Luhut Pandjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menlu Retno Marsudi, dan Mensesneg Pratikno menerima kunjungan anggota Dewan Negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Yang Jiechi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5) siang.

Jiechi datang ke kawasan Istana Kepresidenan RI didampingi  oleh sejumlah pejabat RRT, di antaranya Wamenlu Liu Zhenmin, Wakil Ketua Komisi Pengembangan dan Reformasi Nasional  Wang Xiaotao, Wamenlu Pertanian Yu Kangzhen.

Selanjutnya Wamenlu Perdagangan Gao Yan, Wakil Direktur Administrasi Energi Nasional Zheng Zhajie, Asisten Menteri Keuangan Zhao Mingji, Asisten Gubernur Bank Rakyat China Yin Yong, Dirjen Asia Kemlu RRT Xiao Qian, dan Dubes RRT di Jakarta Xie Feng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan bilateral indonesia-china
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top