Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekrutmen Karyawan: Tahun Ini PLN Gunakan Tes Berbasis Komputer, CAT

Tahun ini, PLN memperkenalkan metode tes berbasis komputer, yaitu Computerized Adaptive Testing atau yang lebih dikenal dengan istilah CAT. Metode ini digunakan pada tahap tes IQ untuk pelamar PLN.
Ilustrasi/pln.co.id
Ilustrasi/pln.co.id

BIsnis.com, JAKARTA - Untuk menjaring para lulusan muda yang andal dan berbakat, PT PLN (Persero) terus berupaya mengembangkan sistem rekruitmen yang valid dan reliable.

Tahun ini, PLN memperkenalkan metode tes berbasis komputer, yaitu Computerized Adaptive Testing atau yang lebih dikenal dengan istilah CAT. Metode ini digunakan pada tahap tes IQ untuk pelamar PLN.

Setelah lolos seleksi adminstrasi serta tes akademis dan Bahasa Inggris, sebanyak 1.466 pelamar PLN dari seluruh Indonesia mulai Rabu (27/4/2016) mengikuti tes IQ dengan metode CAT yang diselenggrakan di Kampus Politeknik Negeri (Polban) Bandung.

Tes IQ dengan metode CAT ini juga disebut dengan Test Adaptive PLN atau dikenal dengan TAP, di mana hasil tes ini akan menyesuaikan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di PLN.

PLN menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mengembangkan tes IQ menggunakan metode CAT untuk seleksi calon pegawai baru.

Pengembangan metode ini dilakukan oleh Assesment Center PLN yang berada di bawah Unit PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) bersama ahli psikometri, baik dari dalam maupun luar negeri.

Metode CAT ini diadopsi dari University of Cambridge, London dan dikembangkan oleh PLN sejak tahun lalu.

“Hari ini untuk pertama kalinya kami menggunakan TAP sebagai salah satu tahapan seleksi di PLN, walaupun metode ini sudah digunakan sebelumnya untuk lingkungan internal PLN," kata Direktur Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali dalam rilisnya, Kamis (28/4/2016).

Menurut Ali, melalui tes ini seseorang tidak hanya dinyatakan lulus atau tidak lulus saja, melainkan juga mampu meng-capture kemampuan seseorang, sekaligus ketahanan dalam menghadapi stres.

"Jadi nanti akan ketahuan seseorang itu lebih berbakat di bidang pekerjaan mana," ujarnya.

Disebutkan bahwa kebutuhan tenaga kerja PLN tahun ini mencapai 5.558, baik pendidilan SMA/SMK, D3, S1 hingga S2.

"Tahun ini rekrutmen terbanyak. Selain untuk menggantikan posisi karyawan yang pensiun sebanyak 2.000-an tiap tahun, juga untuk memenuhi kebutuhan PLN, terutama karena adanya proyek 35.000 MW dan 7.000 MW carry over," jelas Ali.

TAP dengan metode CAT ini akan mengukur secara tepat kemampuan peserta, di mana tingkat kesukaran tes disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta sehingga hasil yang diperoleh lebih valid dan reliable.

CAT tidak hanya memindahkan butir soal yang ada dalam buku cetak ke dalam file komputer.

Penyajian soal tes disesuaikan dengan respons yang menunjukkan tingkat kemampuan peserta.

Komputer dapat menyimpan informasi tes (bank soal) dan hanya menampilkan item-item sesuai kemampuan peserta.

Urutan item pun akan diatur berdasarkan kemampuan masing-masing peserta, sehingga durasi waktu untuk melakukan tes pun akan berbeda-beda.

Lamanya waktu tes dimungkinkan untuk diperpendek tanpa menghilangkan ketepatan pengukuran.

Dengan metode ini maka PLN dapat memperoleh hasil tes IQ secara langsung dan menyeluruh, tanpa menghitung hasil tes peserta secara satu per satu.

Hal ini menjadi upaya PLN untuk menjaring calon pegawai baru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Terkait pembukaan lowongan pekerjaan, PLN mengimbau agar pelamar berhati-hati terhadap penipuan informasi rekruitmen.

PLN tidak melakukan korespondensi terkait rekruitmen dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN.

Selain itu, tidak ada sistem refund atau penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi.

Segala informasi rekruitmen PLN dapat dilihat pada situs resmi PLN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper