Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGHARGAAN PAJAK: Peneliti RI Sabet Albert J. Radler Medal

B. Bawono Kristiaji, seorang peneliti pajak asal Indonesia raih penghargaan Confdration Fiscale Europenne (CFE) Award Albert J. Radler Medal yang selama ini diterima hanya oleh orang Eropa.
B. Bawono Kristiaji (kiri) saat menerima Albert J. Radler Medal/ DDTC
B. Bawono Kristiaji (kiri) saat menerima Albert J. Radler Medal/ DDTC

Bisnis.com, JAKARTA- B. Bawono Kristiaji, seorang peneliti pajak asal Indonesia raih penghargaan Confédération Fiscale Européenne (CFE) Award Albert J. Radler Medal yang selama ini diterima hanya oleh orang Eropa.

Kristiaji yang juga partner di Danny Darussalam Tax Center ini menerima Albert J. Radler Medal 2015 karena thesisnya Incentives and Disincentives of Profit Shifting in Developing Countries yang terpilih sebagai thesis pajak terbaik se-Eropa.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Jumat (22/4/2016), penghargaan tersebut diterima Kristiaji pada acara CFE Forum 2016 dan Konferensi Pajak Tahunan Internasional CFE di Brussels, Belgia, Kamis malam (21/4/2016) waktu setempat

 “Thesis Kristiaji sangat dalam dan relevan dengan situasi terkini,” demikian pernyataan resmi juri.

Tim juri menilai thesis tersebut berhasil menggabungkan pendekatan ekonomi dan hukum, sehingga bisa dijadikan sebagai acuan dalam perumusan kebijakan perpajakan baik untuk negara maju maupun negara berkembang.

Dalam thesisnya, Kristiaji mengurai bagaimana kebijakan pajak penghasilan badan akan mempengaruhi perilaku pengalihan laba perusahaan multinasional di negara-negara berkembang. Sampel data dalam risetnya mencakup lebih dari 8.000 anak perusahaan multinasional di 29 negara berkembang dalam kurun 8 tahun (2005-2013).

Sekadar informasi, anggota tim juri dalam ajang kompetisi tahunan se-Eropa tersebut a.l. mantan Presiden CFE Stephen D.G. Coleclough, Ketua Bidang Hukum Pajak International Bureau of Fiscal Documentation (IBFD) Michael Lang, dan Ketua Bidang Akademik IBFD Pasquale Pistone.

Penghargaan tahunan itu dinamai Albert J. Radler Award untuk mengenang jasa Radler, salah seorang ‘Bapak Pajak’ di Eropa, yang meninggal pada 2012.

“Terima kasih, semoga penghargaan ini bisa menginspirasi,” kata Kristiaji saat memberikan sambutan.

Kristiaji sendiri meraih master pajak dari School of Economics and Management, Tilburg University Belanda di bawah beasiswa Danny Darussalam Tax Center, yang setiap tahun memberikan beasiswa penuh kepada karyawannya untuk mengambil S2 pajak di universitas-universitas terbaik Eropa.

CFE merupakan organisasi para profesional pajak terbesar di Eropa yang didirikan pada 1959 di Brussels, Belgia. CFE kini beranggotakan 26 organisasi nasional dari 21 negara di Eropa, yang merepresentasikan lebih dari 100.000 profesional pajak di benua tersebut.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper