Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fasilitas Pemurnian Well Harvest Beroperasi Mei 2016

Fasilitas pemurnian atau refinery yang dibangun PT Well Harvest Winning Alumina Refinery dengan nilai investasi total Rp15,8 triliun siap beroperasi pada Mei 2016.
Shahnaz Yusuf
Shahnaz Yusuf - Bisnis.com 21 April 2016  |  20:08 WIB
Well Harvest Winning (WHW) - Bisnis.com
Well Harvest Winning (WHW) - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Fasilitas pemurnian atau refinery  yang dibangun PT Well Harvest Winning Alumina Refinery dengan nilai investasi total Rp15,8 triliun siap beroperasi pada Mei 2016.

Ronald Sulistyanto, Wakil Direktur PT Well Harvest Winning, menjelaskan fasilitas tersebut akan menghasilkan Smelter Grade Alumina (SGA) 2 juta ton per tahun. Adapun realisasi investasi hingga April ini sudah mencapai Rp8,8 triliun.

“Investasi itu hanya untuk refinery [fasilitas pemurnian] saja. Jika berlanjut ke smelter maka investasi lebih tinggi lagi. Begitu juga benefitnya,” ungkapnya sebagaimana dinukil dari keterangan resmi, Kamis (21/4/2016).

Dia menjelaskan bahwa hasil produksi dari fasilitas pemurnian tersebut akan dipasok ke Inalum di Sumatera Utara, dan sisanya akan diekspor.

Menurutnya, aktivitas produksi tersebut akan menghasilkan devisa sebesar US$765 juta per tahun. Sementara itu, penghematan devisa juga dapat diraup hingga US$85 juta per tahun.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong percepatan industri pemurnian dan pengolahan bauksit menjadi alumina karena nilai tambah yang sangat tinggi.

“Jika dibandingkan dengan bahan mentah bauksit, maka terjadi peningkatan nilai tambah hampir 85 kali lipat. Saya melihat bagaimana progres proyek dan realisasi investasi. Investor sangat serius dan berorientasi jangka panjang meningkatkan nilai tambah. Jadi, yang bisa kami percepat, akan kami lancarkan,” katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

well harvest refinery
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top