Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fasilitas Pemurnian Well Harvest Beroperasi Mei 2016

Fasilitas pemurnian atau refinery yang dibangun PT Well Harvest Winning Alumina Refinery dengan nilai investasi total Rp15,8 triliun siap beroperasi pada Mei 2016.
Well Harvest Winning (WHW)/Bisnis.com
Well Harvest Winning (WHW)/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Fasilitas pemurnian atau refinery  yang dibangun PT Well Harvest Winning Alumina Refinery dengan nilai investasi total Rp15,8 triliun siap beroperasi pada Mei 2016.

Ronald Sulistyanto, Wakil Direktur PT Well Harvest Winning, menjelaskan fasilitas tersebut akan menghasilkan Smelter Grade Alumina (SGA) 2 juta ton per tahun. Adapun realisasi investasi hingga April ini sudah mencapai Rp8,8 triliun.

“Investasi itu hanya untuk refinery [fasilitas pemurnian] saja. Jika berlanjut ke smelter maka investasi lebih tinggi lagi. Begitu juga benefitnya,” ungkapnya sebagaimana dinukil dari keterangan resmi, Kamis (21/4/2016).

Dia menjelaskan bahwa hasil produksi dari fasilitas pemurnian tersebut akan dipasok ke Inalum di Sumatera Utara, dan sisanya akan diekspor.

Menurutnya, aktivitas produksi tersebut akan menghasilkan devisa sebesar US$765 juta per tahun. Sementara itu, penghematan devisa juga dapat diraup hingga US$85 juta per tahun.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong percepatan industri pemurnian dan pengolahan bauksit menjadi alumina karena nilai tambah yang sangat tinggi.

“Jika dibandingkan dengan bahan mentah bauksit, maka terjadi peningkatan nilai tambah hampir 85 kali lipat. Saya melihat bagaimana progres proyek dan realisasi investasi. Investor sangat serius dan berorientasi jangka panjang meningkatkan nilai tambah. Jadi, yang bisa kami percepat, akan kami lancarkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Shahnaz Yusuf
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper