Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Jamin Stok Pangan Aman Jelang Puasa

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Gardjita Budi mengatakan stok bahan pangan pokok aman sampai bulan Puasa dan pemerintah berupaya tidak ada gejolak harga yang berlebihan saat Ramadhan tiba.
Bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis
Bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Gardjita Budi mengatakan stok bahan pangan pokok aman sampai bulan puasa dan pemerintah berupaya tidak ada gejolak harga yang berlebihan saat Ramadhan tiba.

"Tenang saja, sampai dengan Bulan Puasa, bahan pokok aman," kata Gardjita Budi dalam acara gelaran Toko Tani Indonesia di Pasar Cijantung di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Menurut dia, selain bahan pangan pokok, komoditas ayam dan telur juga dinilai akan mencukupi. Sedangkan terkait daging sapi diakui stok yang ada masih belum bisa memenuhi kebutuhan secara memadai.

"Yang tidak kita inginkan adalah kalau harga itu menjadi ekstrem atau 20%-30% di atas harga normal," katanya.

Dia memaparkan usaha pemerintah agar harga tidak fluktuatif, caranya dengan mendorong keterbukaan terhadap pedagang kecil biar bisa menjual langsung dan tidak dimonopoli pedagang besar.

Kementan mewaspadai produksi cabai menjelang Ramadhan hingga Lebaran 2016 agar stok selalu tersedia dengan harga jual di masyarakat tidak terlalu mahal, namun juga tak merugikan petani.

"Ramadhan sebentar lagi akan datang di mana pada saat itu kebutuhan cabai pasti akan meningkat untuk konsumsi, sehingga perlu diambil langkah antisipasi," kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono Kamino kepada pers di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2016).

Hal tersebut disampaikan seusai panen raya cabai di Dusun Semimpen, Desa Ketundan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Salah satu program yang telah dilakukan Kementan agar pasokan cabai terpenuhi, katanya, adalah dengan mencanangkan Gerakan Tanam Cabai di Musim Kemarau (GTCK) yang telah dimulai 2015.

Gerakan yang dilakukan di seluruh sentra produksi cabai nasional itu penting untuk menjamin pasokan komoditas tersebut selalu terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper