Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIA WATER COUNCIL: Sumber Daya Air Masih Jadi Masalah

Meskipun Asia tumbuh pesat baik dari segi ekonomi maupun pertumbuhan penduduknya, namun masih menghadapi masalah sumber daya air.
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.
Bisnis.com, Jakarta -- Meskipun Asia tumbuh pesat baik dari segi ekonomi maupun pertumbuhan penduduknya, namun masih menghadapi masalah sumber daya air.
 
Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Mudjiadi mengatakan problem terkait air di Asia berbeda dengan benua lainnya. Asia ujarnya memiliki curah hujan tinggi sehingga menghadapi masalah banjir.
 
Selain itu, Mudjiadi menambahkan juga menyangkut kebutuhan air irigasi untuk penanaman padi, yang menjadi sumber makanan pokok penduduk Lebih jauhnya, Mudjiadi menuturkan banyak kota-kota Asia telah berkembang menjadi kota besar ditambah dengan arus urbanisasi yang mengakibatkan permasalahan air di kota besar.
 
Menurutnya, kehadiran Asia Water Council akan memiliki kontribusi terhadap solusi yang paling efisien, efektif dan berkelanjutan dalam manajemen sumber daya air yang bijak baik untuk perkotaan, kebutuhan industri dan swasta.
 
"Kita berkumpul membentuk Asia Water Council yang bertujuan untuk tukar menukar informasi dan tantangan berbagai Negara Asia. Problem-problem (terkait air) ini kita kumpulkan dan dapat diangkat ke level lebih tinggi seperti PBB danEarth Summit, sehingga problem-problem Asia lebih menonjol. Bila sudah menjadi agenda utama dan perhatian dunia, maka sumber pendanaan lebih banyak," katanya berdasarkan keterangan tertulisnya Kamis (24/3/2016)
 
Pengalaman dari berbagai negara Asia dalam mengatasi masalah air, dapat dibagi melalui AWC sebagai solusi masalah air serupa yang dihadapi negara lainnya. Mudjiadi juga menyampaikan bahwa kehadiran AWC tidak hanya seminar namun juga akan ada langkah konkrit yang dilakukan.
 
"Kita usulkan pilot project untuk Water Management in Urban Area di Jabodetabek,"  katanya.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Menteri SDA Bangladesh Muhammad Nazrul Islam, Wakil Presiden Asian Development Bank Bambang Susantono, Presiden Korea Water Forum Jung Moo Lee, CEO K-Water Gyewoon Choi, perwakilan dari Negara Thailand, Kamboja, Uzbekistan, para tokoh pendiri AWC dan perwakilan dari organisasi non pemerintah di bidang sumber daya air. Sebelum pembukaan acara, Gubernur Bali yang diwakili oleh Wagub Bali I Ketut Sudikarte menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta.
 
Pertemuan Asia Water Council (AWC) atau The 1st General Assembly for Asia Water Council berlangsung 24-26 Maret 2016 memiliki agenda pertemuan tingkat tinggi, pemilihan presiden dan wakil presiden AWC, pameran teknologi sumber daya air, panel diskusi dan tur budaya ke Museum Subak.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper